NFT dan Metaverse Diprediksi Bakal Jadi Tren Video Games Tahun Ini

- Senin, 3 Januari 2022 | 13:22 WIB
Ilustrasi Game Second Life, Sebuah Permainan yang Ada di Metaverse. Image Source: secondlife.com (Ida Farida)
Ilustrasi Game Second Life, Sebuah Permainan yang Ada di Metaverse. Image Source: secondlife.com (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Tahun ini, teknologi akan jadi hal yang sangat signifikan bagi industri video game. Hal ini disebabkan karena konsep futuristik seperti Metaverse dan blockchain gaming yang mulai booming tahun lalu. Oleh karena itu, artikel ini memuat informasi tren video games yang diprediksi akan mendominasi sepanjang tahun 2022.

Sejak video games menjadi populer di tahun 2017, beberapa dari perusahaan raksasa dunia juga rupanya tidak ingin ketinggalan hype. Sehingga akan ada banyak wacana atau diskursus yang muncul di media sosial. Untuk mengantisipasi itu, para pemain games diharapkan bisa memilah informasi dengan tepat.

Berikut prediksi tren video games tahun 2022 yang dilansir dari Digital Trends.

1. Dunia Virtual 3D Metaverse

Konsep Metaverse awalnya bermula dari novel fiksi Neal Stephenson yang berjudul Snow Crash. Kemudian, gagasan itu mulai merambak ke dunia games seperti Second Life, Roblox, The Sandbox, dan lain sebagainya. Fenomena ini menjadi gambaran bahwa Metaverse tidak bisa dihindari lagi.

Kemungkinan, akan ada lebih banyak proyek Metaverse selain video games. Seperti yang dilakukan The Sandbox, di mana pemain bisa nongkrong di ruang virtual (dengan atau tanpa headset VR). Selain itu, akan ada lebih banyak konser dalam game, acara khusus, dan aset digital yang dapat dibeli dengan mata uang seperti V-Bucks (mata uang resmi Fortnite).

Baca Juga: 5 Cara Optimasi SEO Website dengan Mudah

2. Masuknya NFT ke Video Games

Perusahaan video game baru mulai bereksperimen dengan teknologi. Contohnya perusahaan raksasa seperti EA dan Square Enix tengah berinvestasi besar-besaran dalam teknologi blockchain. Sehingga hal ini akan memungkinkan siapa pun bisa membeli dan memiliki barang virtual di video games menggunakan mata uang kripto.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: digitaltrends.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB

Apple WWDC 2022 Akan Digelar Bulan Juni 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:28 WIB

Jaringan 6G Tengah Dikembangkan oleh Samsung

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:56 WIB
X