5 Mata Uang Kripto Menjanjikan di Tahun 2022, Investor Crypto Wajib Tahu!

- Rabu, 5 Januari 2022 | 07:51 WIB
Ilustrasi Mata Uang Cryptocurrency. Image credit: unsplash.com/executium (Ida Farida)
Ilustrasi Mata Uang Cryptocurrency. Image credit: unsplash.com/executium (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Masalah yang sering dialami calon investor cryptocurrency yaitu pemilihan mata uangnya. Hal ini wajar terjadi, karena ada banyak jenisnya di luar sana. Agar tidak salah pilih, artikel ini memuat daftar rekomendasi mata uang kripto yang diambil dari sumber terpercaya.

Selain memilih mata uang yang tepat, kita juga harus tahu apa itu mata uang kripto dan bagaimana cara kerja cryptocurrency. Melansir dari berbagai sumber, cryptocurrency adalah uang digital yang terdesentralisasi. Jadi, cara kerjanya dioperasikan oleh sebuah software yang disebut blockchain.

Teknologi blockchain berfungsi untuk membuat buku besar transaksi jadi terdistribusi. Sehingga investor akan terhindar dari transaksi mencurigakan yang tidak dikenali sistem. Hal itulah yang membuat cryptocurrency cukup memberi keamanan bagi para investornya.

Baca Juga: Cara Mudah Kembalikan Postingan Instagram yang Sudah Dihapus

Rekomendasi Mata Uang Kripto

1.    Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah mata uang cryptocurrency pertama di dunia. Mata uang yang satu ini pertama kali diperkenalkan oleh seseorang di balik nama Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Selain sudah sangat terkenal dan terpercaya, kelebihan dari mata uang ini yaitu biaya transaksi yang lebih murah.

2.    Ethereum (ETH)

Berdasarkan data Coin Market Cap, Ethereum berada di posisi kedua teratas setelah Bitcoin. Mengutip dari Kata Data, Ethereum adalah platform kripto yang menggunakan Smart Contracts dan Distributed Applications (DApps). Sehingga terhindar dari gangguan pihak ketiga di luar sistem.

3.    Binance Coin (BNB)

Binance adalah produk kripto yang muncul tahun 2017. BNB didirikan oleh seorang pengembang software yang bernama Changpeng Zhao. Kripto yang satu ini merupakan platform nomor satu di dunia.

4.    Tether (USDT)

Melansir dari Analytics Insight, Tether adalah stablecoin yang didukung oleh mata uang fiat seperti rupiah, dolar AS, dan Euro. Kendati begitu, nilai USDT sama dengan cryptocurrency lainnya. Mata uang yang satu ini juga disukai oleh investor yang menghindari volatilitas ekstrem.

5.    Solana (SOL)

Meskipun baru diluncurkan tahun 2020, Solana dikembangkan dengan Smart Contracts dan Distributed Applications (DApps) sama seperti yang lain. Keunikan koin ini yaitu sifatnya yang hybrid. Platform ini menggunakan mekanisme proof-of-stake dan proof-of-history yang membantunya memproses transaksi dengan lebih aman dan cepat.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB
X