7 Pekerjaan di Metaverse yang Menjanjikan di Masa Depan

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 17:05 WIB
Ilustrasi Seseorang Sedang Melakukan Pekerjaan di Metaverse. Image credit: freepik.com/DCstudio (Ida Farida)
Ilustrasi Seseorang Sedang Melakukan Pekerjaan di Metaverse. Image credit: freepik.com/DCstudio (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Metaverse adalah dunia virtual tiga dimensi yang akan turut mengubah pekerjaan di masa depan. Beberapa Tech Enthusiast telah memetakan pekerjaan di Metaverse yang tentunya menjanjikan. Di antaranya ada Metaverse Research Asisten dan Metaverse Planner.

Melansir dari berbagai sumber terpercaya, hadirnya dunia Metaverse ini erat kaitannya dengan teknologi baru lainnya. Teknologi yang akan menopang dunia virtual itu adalah Augmented Reality dan Virtual Reality (AR dan VR), Blockchain, dan Cryptocurrency. Semua bersatu dalam kekuatan Metaverse.

Beberapa pekerjaan di Metaverse yang diprediksi akan dibutuhkan ini merupakan celah baru antara dunia kerja dengan revolusi industri 4.0. Di mana teknologi akan mengambil alih peran penting dan mendominasinya. Sehingga mungkin Anda perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi fenomena di masa depan ini.

Baca Juga: Operator 5G di Indonesia yang Sudah Diizinkan Kemkominfo

Daftar Pekerjaan di Metaverse

1. Metaverse Research Scientist

Tugas seorang Metaverse Research Scientist adalah membangun sesuatu yang mirip dengan teori segalanya. Di mana dunia akan terlihat dan dapat ditindaklanjuti secara digital. Pekerjaan ini akan menjadi fondasi lainnya.

Kandidat harus mampu membangun dan menskalakan prototipe menggunakan teknologi algoritme visi komputer. Kemudian prototipe itu harus jadi lebih besar seiring waktu.

Untuk bisa mendapatkan posisi pekerjaan ini, dibutuhkan gelar PhD pada visi komputer, grafik komputer, atau pencitraan komputasi. Anda juga perlu tahu dan menguasai C++. 

2. Metaverse Planner

Di dunia Metaverse, dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan untuk merancang strategi implementasi. Profesi ini bertanggung jawab atas penentuan segala sesuatu yang akan dilakukan di dunia virtual 3D. 

Saat CEO menetapkan visi dan strategi untuk penciptaan dan pertumbuhan pendapatan bisnis mereka, Metaverse Planner perlu mendorong portofolio peluang strategis dari pembuktian konsep hingga uji coba dan penerapannya. Sederhananya, mereka akan mengidentifikasi peluang pasar, membangun kasus bisnis, memengaruhi peta jalan teknik, mengembangkan metrik utama, dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Chipset Ukuran 3 Nanometer Tengah Disiapkan TSMC

Jumat, 24 Juni 2022 | 21:16 WIB
X