Penggunaan Teknologi AI pada Mobil Tesla dan Hyundai

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 22:48 WIB
Kolase Gambar Mobil Tesla dan Mobil Hyundai yang Menggunakan Teknologi AI. Image credit: tesla.com dan hyundai.com (Ida Farida)
Kolase Gambar Mobil Tesla dan Mobil Hyundai yang Menggunakan Teknologi AI. Image credit: tesla.com dan hyundai.com (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Apakah mungkin Teknologi AI diadopsi oleh kendaraan bermobil? Tentu saja bisa! Mobil Tesla contohnya. Tesla telah sukses memimpin dunia otomotif kendaraan otomatis yang futuristik. Tak hanya itu, Mobil Hyundai pun menggunakan konsep otomatisasi yang sama dengan Tesla.

Tesla adalah perusahaan kendaraan otomatis yang berbasis di Texas, Amerika Serikat. Dengan CEO-nya yang sangat terkenal dan masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia, Elon Musk. 

Di sepanjang perjalanannya, Tesla memang fokus mengembangkan teknologi artificial intelligence (AI) untuk produk otomotifnya. Tak hanya AI, mereka pun menggunakan Big Data guna menciptakan basis pelanggan untuk pengembangan produknya.

Baca Juga: Cara Perpanjang SIM Online di Aplikasi Digital Korlantas Polri

Sementara itu, perusahaan yang berbasis di Korea Selatan, Hyundai, juga membuat inovasi mobil listrik dan otomatis. Mobil Hyundai IONIQ 5 adalah salah satu produknya yang disebut-sebut bisa menyaingi Mobil Tesla.

Hyundai IONIQ 5 dilengkapi teknologi AI berupa "robotaxi". Sebuah hasil inovasi yang dilakukan Hyundai bersama perusahaan Motional yang berbasis di Amerika Serikat. 

Teknologi AI pada Mobil Tesla

1. FSD dan Dojo Chip

Mobil Tesla diketahui menggunakan chip ganda hasil kolaborasinya denga Nvidia guna pengoptimalan teknologi AI. Chip pintar itu dipakai untuk menavigasi kendaraan, sehingga menghasilkan kemampuan mengemudi sendiri. Bukan itu saja, chip ini juga mampu memberi informasi rambu-rambu lalu lintas kepada pengendara.

Tesla juga menggunakan fitur redundancy guna menghindari kecelakaan di jalanan. Fitur itu bekerja karena memiliki daya dan input berlebih pada data feed. Ini adalah upaya otomatis yang dilakukan sistem ketika terjadi kegagalan di satu unit tertentu.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Chipset Ukuran 3 Nanometer Tengah Disiapkan TSMC

Jumat, 24 Juni 2022 | 21:16 WIB
X