BMW iX Flow Pakai Teknologi E Ink, Mobil Bisa Berubah Warna!

- Minggu, 9 Januari 2022 | 13:19 WIB
Gambar Mobil BMW iX Flow yang Dipamerkan di CES 2022, Mobil Bisa Berubah Warna Karena Teknologi E Ink. Image credit: bmw.com (Ida Farida)
Gambar Mobil BMW iX Flow yang Dipamerkan di CES 2022, Mobil Bisa Berubah Warna Karena Teknologi E Ink. Image credit: bmw.com (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Perusahaan otomotif yang berbasis di Jerman, BMW, turut memeriahkan ajang Consumer Electronics Show atau CES 2022 di Amerika Serikat. Mereka memamerkan mobil terbarunya yaitu BMW iX Flow, sebuah mobil inovasi yang bisa berubah warna karena dukungan Teknologi E Ink.

BMW iX Flow mengadopsi sistem yang bernama Teknologi E Ink. E Ink adalah teknologi yang membolehkan warna bidang luar mobil berganti dari gelap ke putih ataupun sebaliknya. Tidak hanya bodi mobil, teknologi ini juga dipasang di pelek mobil tersebut dan memiliki fungsi yang sama.

Apa Itu Teknologi E Ink?

E Ink atau tinta elektronik menghasilkan tampilan seperti kertas berdaya rendah untuk e-Reader seperti Amazon Kindle.

Penelitian awal tentang E Ink dimulai di MIT Media Lab, di mana pertama kali diajukan pada tahun 1996. Hak atas teknologi tersebut saat ini dimiliki oleh E Ink Corporation yang berbasis di Massachusetts, yang diakuisisi oleh perusahaan Taiwan Prime View International pada tahun 2009.

Melansir dari situs E Ink, tampilan E Ink disebut sebagai "tampilan reflektif". Dalam LCD atau "layar emisi", cahaya dari lampu latar diproyeksikan melalui layar ke mata Anda. Dalam tampilan E Ink tidak ada lampu latar yang digunakan, melainkan cahaya sekitar dari lingkungan dipantulkan dari permukaan layar kembali ke mata Anda.

Baca Juga: AR dan VR Makin Memanas di CES 2022, Yuk Intip 6 Produk Ini!

Bagaimana Cara Kerja Teknologi E Ink?

Melansir dari KOMPAS Tekno, Project Lead BMW iX Flow, Stella Clarke, mengatakan bahwa teknologi E Ink sesungguhnya terbuat dari teknologi layar berganti warna. Teknologi ini biasa dipakai di fitur pembaca novel elektronik alias e-Reader, semacam produk Kindle buatan Amazon.

Clarke mengatakan proyek ini dimulai dari memikirkan bagaimana E Ink disematkan ke mobil BMW. Awal mulanya perusahaan ini hanya melekatkan dua bidang persegi di pintu mobil dan dua bidang bundaran di pelek ban mobil. Kemudian mereka berhasil membuatnya jadi berubah warna. Sehingga dari situ mereka terus mengembangkannya.

Secara teknis, teknologi warna yang dapat berganti tersebut mengandalkan kapsul-kapsul elektrik kecil yang bercorak gelap dan putih, lalu disematkan ke segala bagian mobil BMW iX Flow.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB

Apple WWDC 2022 Akan Digelar Bulan Juni 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:28 WIB

Jaringan 6G Tengah Dikembangkan oleh Samsung

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:56 WIB

Tempat Terbaik untuk Membeli Koin Kripto Solana

Jumat, 13 Mei 2022 | 17:05 WIB

Mata Uang Kripto Terra LUNA Anjlok 99 Persen

Jumat, 13 Mei 2022 | 16:49 WIB
X