3 Teknologi Canggih di Film Marvel Kini Ada di Dunia Nyata

- Minggu, 9 Januari 2022 | 14:57 WIB
Ilustrasi Teknologi J.A.R.V.I.S di Marvel Cinematic Universe yang Kini Ada di Kehidupan Nyata. Image credit: Pinterest (Ida Farida)
Ilustrasi Teknologi J.A.R.V.I.S di Marvel Cinematic Universe yang Kini Ada di Kehidupan Nyata. Image credit: Pinterest (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Teknologi yang berkembang saat ini tidak lepas dari peranan film. Salah satunya Film Marvel, film dengan genre science fiction atau fiksi ilmiah. Adaptasi teknologi canggih ke dalam film-film Marvel ini kini benar-benar sudah ada di kehidupan nyata.

Meski berawal dari imajinasi, dengan keahlian manusia, teknologi canggih yang terdapat pada film fiksi ilmiah bisa diadopsi menjadi nyata. Berikut beberapa teknologi canggih dalam Film Marvel yang telah sukses membuat banyak orang berdecak kagum.

3 Teknologi Canggih di Film Marvel

1. B. A. R. F

Binarily Augmented Retro- Framing merupakan salah satu teknologi yang diciptakan oleh Iron Man atau Tony Stark pada film Captain America: Civil War. Lewat teknologi ini, pengguna bisa memroyeksikan seluruh nyata memori ataupun kenangan lewat kacamata yang sanggup membaca otak kita.

Dalam film tersebut, Tony Stark menunjukkan B. A. R. F guna memvisualisasikan memori saat dirinya muda dan bertemu kedua orang tuanya yang sudah wafat. Tidak hanya itu, teknologi B. A. R. F juga diaplikasikan pada film Spiderman: Far from Home. Kala itu, Mysterio nyaris saja mengalahkan Spiderman dengan rekayasa teknologi tersebut.

Baca Juga: Canggih! Ini 7 Contoh Robot AI Pemberi Layanan Layaknya Manusia

Di kehidupan nyata, teknologi B. A. R. F sesungguhnya telah ada, terlebih dengan hadirnya teknologi Virtual Reality (VR). Bersamaan berjalannya waktu, Tidak cuma semata- mata digunakan dalam permainan, VR kini digunakan untuk kebutuhan lain.

Dikutip dari Gizmologi dari Asia One pada video yang disiarkan MBC Documentary, pemakaian teknologi ini dipakai guna menolong seseorang menemui keluarganya yang sudah tiada. Kim Jung So (51) bisa bertemu dengan istrinya yang sudah tiada berkat teknologi ini.

2. J. A. R. V. I. S

Awal terbentuknya Marvel Cinematic Universe (MCU), film Iron Man mencuri atensi lewat teknologi- teknologi yang ditampilkan. Salah satunya pemakaian program artificial intelligence (AI). Kecerdasan buatan itu bernama Just A Rather Very Intelligent System (J. A. R. V. I. S). Teknologi ini semacam asisten individu. Penggunaannya bisa menolong orang meringankan pekerjaan dalam waktu singkat dan hemat tenaga.

Di dunia nyata, J. A. R. V. I. S berwujud Google Assistant Smart Home. Pengguna hanya perlu mengaktifkan suara pada fitur, lalu dengan cepat Google hendak merespons perintah. Contoh asistensinya seperti menyalakan lampu, menghidupkan TV, dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: gizmologi.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB

Apple WWDC 2022 Akan Digelar Bulan Juni 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:28 WIB

Jaringan 6G Tengah Dikembangkan oleh Samsung

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:56 WIB
X