Wajib Tahu! 5 Cara Membersihkan Layar Laptop dengan Aman

- Selasa, 11 Januari 2022 | 11:10 WIB
Ilustrasi Layar Laptop. Cara Membersihkan Layar Laptop yang Kotor dan Berdebu Sangat Mudah. Image credit: freepik.com/benzoix (Ida Farida)
Ilustrasi Layar Laptop. Cara Membersihkan Layar Laptop yang Kotor dan Berdebu Sangat Mudah. Image credit: freepik.com/benzoix (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Laptop merupakan hardware yang sering digunakan oleh banyak orang. Namun, ternyata masih banyak yang merasa kesulitan untuk merawat dan membersihkannya dengan benar. Melalui tips dan trik di bawah ini, Anda akan segera mengetahui bagaimana cara membersihkan layar laptop dengan aman.

Layar laptop menjadi komponen hardware utama yang berpotensi miliki masalah serius. Mulai dari layar yang berdebu, berminyak, bahkan bisa jadi berjamur. Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut menimpa laptop kesayangan Anda bukan? Maka dari itu, mulailah lebih perhatian pada gadget yang Anda miliki.

Di artikel ini, Anda akan diberi tahu tata cara membersihkan layar laptop tanpa rasa khawatir. Melansir dari Digital Trends, terdapat produk tertentu yang hanya boleh digunakan saat membersihkan layar laptop. Jadi, jangan sampai menggunakan bahan yang salah, ya!

Baca Juga: BMW iX Flow Pakai Teknologi E Ink, Mobil Bisa Berubah Warna!

5 Cara Membersihkan Layar Laptop

1. Matikan Laptop (turn-off computer)

Pertama-tama, pastikan laptop Anda sedang dalam keadaan tidak menyala. Hal ini sangat penting mengingat aliran listrik pada laptop bisa membahayakan diri dan laptop Anda. Selain itu, ketika layar mati, Anda akan semakin mudah melihat kotoran dan debu yang menempel di sana.

2. Usap Layar Menggunakan Kain Microfiber

Jika masalah yang dialami adalah layar laptop yang berdebu, cukup lakukan hal sederhana ini. Kain microfiber adalah kain sintetis yang terbuat dari material jenis polyester dan polyamide. Sehingga kain ini akan berfungsi dengan baik karena teksturnya sangat lembut.

Jangan asal mengelap! Bersihkan debu di layar dengan perlahan dan tidak menekannya. Karena jika terlalu ditekan, bisa menyebabkan pixel layar laptop rusak.

3. Bersihkan Layar Pakai Media Spons 

Selain kain microfiber, Anda juga bisa menggunakan spons bersih yang sudah dibasahi. Spons memiliki tekstur yang lembut, sehingga masih aman digunakan untuk membersihkan layar laptop.

Perlu diingat, jangan gunakan air atau larutan sembarangan. Air keran biasa bisa menyebabkan layar laptop rusak dan tergores.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: digitaltrends.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB
X