5 Cara Membersihkan Keyboard Laptop dengan Aman dan Mudah

- Selasa, 11 Januari 2022 | 20:32 WIB
Ilustrasi Cara Membersihkan Keyboard Laptop. Image credit: freepik (Ida Farida)
Ilustrasi Cara Membersihkan Keyboard Laptop. Image credit: freepik (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Memiliki sebuah laptop ternyata sepaket dengan tanggung jawab perawatannya. Perawatan laptop tidak semata-mata asal terlihat tidak berdebu saja. Tanpa disadari, bagian luar laptop seperti keyboard dan layar menjadi tempat yang nyaman bagi kuman dan bakteri bersarang. Maka dari itu artikel ini merangkum bagaimana cara membersihkan keyboard laptop dengan benar.

Sementara itu, cara membersihkan laptop secara umum tidaklah memerlukan keahlian khusus, melainkan kehati-hatian dalam melakukannya. Selain itu, penting juga untuk menggunakan alat dan bahan yang tepat dan sesuai.

Banyak orang yang salah kaprah ketika membersihkan bagian luar laptop. Seperti membersihkannya dalam keadaan laptop masih menyala dan menyemprotkan air langsung ke permukaannya.

Hal tersebut perlu dihindari karena bisa menyebabkan kerusakan bagian dalam laptop dan lainnya yang tidak diinginkan. Selain itu, Anda juga bisa membahayakan diri sendiri jika tiba-tiba tersengat oleh aliran listrik yang keluar dari laptop. Berikut penjelasan bagaimana cara membersihkan keyboard laptop yang benar dan aman.

Baca Juga: AI, VR, AR, 5G, dan Blockchain Akan Bersatu Dalam Kekuatan Metaverse

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

  1. Persiapan Sebelum Membersihkan Keyboard Laptop

Pertama-tama, pastikan laptop sudah benar-benar dalam keadaan tidak menyala. Jangan hanya di-sleep, melainkan matikan laptop atau turn-off computer. Bila perlu, Anda juga bisa mem-back-up data-data penting terlebih dulu.

Selanjutnya, pastikan laptop Anda sedang tidak tersambung ke stop kontak listrik. Selain itu, cabut perangkat USB apa pun yang menempel di laptop Anda. Yang terakhir, luangkan waktu untuk melakukan hal ini.

  1. Mulai dengan Bersihkan Debu-Debu yang Menempel

Debu menjadi masalah yang paling umum ada pada keyboard laptop. Seiring bertambahnya waktu, debu akan semakin menumpuk dan menebal di setiap permukaan. Tentu hal ini tidak baik bagi keawetan laptop dan kesehatan diri kita sendiri sebagai penggunanya.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: digitaltrends.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB
X