3 Cara Mengatasi Laptop Panas yang Wajib Diketahui

- Rabu, 12 Januari 2022 | 21:22 WIB
Ilustrasi Seseorang Sedang Bermain Game di Laptop. Begini Cara Mengatasi Laptop Panas Akibat Kelamaan Main Game dan Lain-lain. Image credit: freepik (Ida Farida)
Ilustrasi Seseorang Sedang Bermain Game di Laptop. Begini Cara Mengatasi Laptop Panas Akibat Kelamaan Main Game dan Lain-lain. Image credit: freepik (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Apakah laptop Anda sering panas? Misalnya ketika Anda sedang bermain video games atau bekerja seharian di depan laptop. Hal ini sangat umum terjadi. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop panas yang baik dan benar.

Ternyata, ada banyak faktor yang melatarbelakangi sebuah laptop menjadi panas. Terkadang bahkan sampai terdengar bunyi mesin dari bagian dalam laptop. Tentu hal ini perlu diwaspadai, mengingat hal itu bisa menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan.

Dengan mengetahui tips agar laptop tidak cepat panas, Anda bisa mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi di kemudian hari. Kalaupun terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan cepat. Melansir dari berbagai sumber, inilah rangkuman cara mengatasi laptop panas yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga: Web 3.0, Metaverse, dan NFT 2.0 Bakal Jadi Tren Teknologi 2022

Cara Mengatasi Laptop Panas yang Baik dan Benar

1. Bersihkan Kipas Pendingin Laptop

Seiring berjalannya waktu penggunaan sebuah laptop, kipas yang berada di bagian dalamnya akan menimbun debu dan kotoran. Sehingga hal itu akan memperlambat kinerja kipas dan menghalangi udara untuk masuk.

Kipas laptop ini berfungsi untuk mendinginkan CPU dan kartu grafis yang ada di dalam laptop. Sehingga keberadaan kipas pun ada di sana. Kemudian, untuk bisa membersihkan kipas laptop, Anda perlu membukanya dengan alat tertentu. Namun, jika tidak yakin bisa, mintalah bantuan ahlinya.

Sebelum mulai membersihkannya, pastikan laptop dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke stop kontak atau perangkat lain. Kemudian, cabut baterai jika memungkinkan. Berikut langkah-langkah membersihkan kipas pendingin laptop:

  • Setelah bagian dalam laptop terbuka, mulai bersihkan kipas dengan perlahan. Gunakan alat berupa kapas yang sudah dicelupkan ke cairan alkohol isopropyl.
  • Opsi lain berupa vacuum cleaner. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. Pastikan alat ini berputar ke arah yang tepat.
  • Setelah membersihkan kipas, Anda sebaiknya menyedot debu dan kotoran di lubang pembuangan yang berada di sisi atau tengah laptop. 

2. Letakkan Laptop di Atas Benda Keras dan Datar

Jangan menaruh laptop di atas kasur, sofa, selimut, bantal, dan benda lain yang permukaannya tidak rata. Karena benda itu akan menyebabkan udara yang dihasilkan kipas tidak keluar melalui lubang sirkulasi. Hal itulah yang menyebabkan suhu di dalam laptop meningkat, kipas pendingin bermasalah, dan akhirnya laptop akan menjadi semakin panas.

Maka dari itu, gunakan alas laptop yang memiliki bahan keras dan datar. Misalnya meja kayu, besi, atau benda lainnya. Jika memungkinkan, ada dudukan khusus yang memang diperuntukkan bagi laptop. Bahkan ada yang dilengkapi dengan kipas eksternal juga.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB

Apple WWDC 2022 Akan Digelar Bulan Juni 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:28 WIB

Jaringan 6G Tengah Dikembangkan oleh Samsung

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:56 WIB
X