5 Cara Membersihkan HP Agar Terhindar dari Virus Corona

- Kamis, 13 Januari 2022 | 09:19 WIB
Ilustrasi Seseorang Sedang Menyemprotkan Cairan Disinfektan Ke Layar Smartphone.  Ketahui Cara Membersihkan HP Agar Terhindar Dari Corona DI Bawah Ini. Image credit: freepik.com (Ida Farida)
Ilustrasi Seseorang Sedang Menyemprotkan Cairan Disinfektan Ke Layar Smartphone. Ketahui Cara Membersihkan HP Agar Terhindar Dari Corona DI Bawah Ini. Image credit: freepik.com (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Telepon Genggam atau HP merupakan benda yang sangat kotor. Hal itu disebabkan karena HP sering kita gunakan setiap hari. Belum lagi jika kita menaruhnya di berbagai tempat. Sehingga, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan HP yang baik dan benar.

Awalnya, ponsel kita mungkin hanya terlihat berdebu dan berminyak. Namun, tanpa kita sadari, HP itu menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Kita perlu mewaspadainya dengan cara: rutin membersihkan semua bagian handphone dari layar hingga bagian belakang.

Sebelum menerapkan cara membersihkan HP di bawah ini, pastikan Anda memiliki alat dan bahan yang tepat untuk membersihkannya. Upaya ini nantinya menjadi salah satu cara agar terhindar dari virus corona yang terus bermutasi hingga saat ini.

Baca Juga: 5 Mata Uang Kripto Menjanjikan di Tahun 2022, Investor Crypto Wajib Tahu!

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelumnya

  • Lakukan pembersihan dengan hati-hati. Jangan menggosok terlalu keras karena bisa menyebabkan kerusakan tertentu.
  • Jika Anda melepas pelindung layar HP, ganti dengan yang baru setelah membersihkannya.
  • Hanya boleh menggunakan alat dan bahan yang direkomendasikan. Hindari penggunaan cairan pembersih jendela, lantai, ammonia, dan lainnya yang tidak relevan.

Cara Membersihkan HP yang Aman

1. Siapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama, siapkan alat untuk membersihkan HP seperti kain lap bersih tanpa serat dan cotton bud. Jangan pakai tisu karena itu berserat dan bisa menggores layar. Pakailah kain lap seperti kain untuk membersihkan kacamata.

Untuk cairan pembersihnya bisa menggunakan alkohol 70 persen dan air minum bersih. Hindari penggunaan air keran karena mengandung bakteri dan residu kimia. Sementara itu, air keran juga bisa meninggalkan bekas di layar ponsel.

2. Matikan Ponsel dan Lepas Aksesorinya

Langkah kedua yaitu pastikan ponsel sudah dalam keadaan tidak menyala (turned-off). Kemudian, lepas aksesori HP seperti case phone. Jika memungkinkan, Anda juga bisa melepas pelindung layar ponsel.

3. Bersihkan HP dengan Alat dan Bahan yang Telah Disediakan

Anda bisa melakukan pembersihan mulai dari bagian layar HP terlebih dulu. Celupkan kain lap anti serat ke cairan alkohol dan biarkan hingga agak air tidak menetes. Kemudian, mulai usap satu arah permukaan layar dengan perlahan dan merata. Perhatikan jika ada noda yang sulit hilang dalam sekali usapan.

Selanjutnya Anda bisa membersihkan bagian belakang HP. Lakukan hal yang sama dengan ketika membersihkan layarnya. Untuk bagian lubang atau sela-sela yang ada ruangnya, cukup dibersihkan pakai alat cotton bud saja yang sebelumnya sudah ditetesi alkohol atau air minum bersih.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB
X