5 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Mudah dan Praktis

- Kamis, 13 Januari 2022 | 10:35 WIB
Ilustrasi HP Terkena Air. Berikut Cara Mengatasi HP Kemasukan Air. Image credit: TechRadar (Ida Farida)
Ilustrasi HP Terkena Air. Berikut Cara Mengatasi HP Kemasukan Air. Image credit: TechRadar (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Mungkin Anda pernah mengalami hal seperti ini. Lalu, apa yang harus dilakukan jika HP masuk ke air? Pertama-tama, jangan panik! Berikut informasi yang memuat cara mengatasi HP kemasukan air.

Beberapa Smartphone memang ada yang sudah dilengkapi kemampuan tahan air. Namun, kebanyakan masih belum bisa. Sehingga, kita perlu mengantisipasi jika tiba-tiba HP masuk ke dalam air.

Anda tidak perlu terburu-buru pergi ke tukang service atau reparasi HP. Karena kita bisa melakukannya sendiri di rumah dengan aman dan praktis. Berikut cara mengatasi HP kemasukan air yang perlu Anda ketahui.

Mengapa HP yang Kemasukan Air Langsung Mati Total?

Melansir dari berbagai sumber, ketika air masuk ke bagian dalam HP seperti port, jack, dan speaker, air akan berubah menjadi konduktor. Air akan menghantarkan arus yang kemudian membebani ponsel. 

Meskipun air tidak akan langsung masuk dengan cepat ke komponen utama, reaksi pertama biasanya HP akan mati total setelah beberapa saat masuk ke dalam air.

Baca Juga: NFT dan Metaverse Diprediksi Bakal Jadi Tren Video Games Tahun Ini

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

1. Segera Ambil Ponsel dan Keringkan

Ketika HP jatuh ke dalam air atau terkena tumpahan air, segera jauhkan dari sumber air itu. Kemudian lap dengan tisu atau kain kering. Namun, perlu diingat, jangan mengeringkannya pakai hairdryer. Mengapa tidak boleh?

Hairdryer atau pengering rambut mempunya suhu panas yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen internal HP Anda. Lebih parahnya lagi bisa saja membuat beberapa bagian ponsel akan meleleh.

2. Keringkan dengan Kipas Angin

Selain menggunakan kain dan tisu kering, Anda juga bisa mengeringkannya pakai kipas angin. Udara yang dihasilkan kipas tergolong aman karena tidak menimbulkan panas. Dengan mengeringkannya pakai cara ini, HP yang kemasukan air akan lebih cepat kering dan menghindari air lebih cepat masuk ke dalam komponen penting.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ngeri! Lubang "Alien" Ditemukan di Dasar Laut

Senin, 1 Agustus 2022 | 12:35 WIB
X