5 Aplikasi Jual Beli NFT Lokal di Indonesia

- Minggu, 16 Januari 2022 | 14:04 WIB
Ilustrasi Daftar Marketplace Jual Beli NFT. Image credit: freepik.com/rawpixel (Ida Farida)
Ilustrasi Daftar Marketplace Jual Beli NFT. Image credit: freepik.com/rawpixel (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - NFT atau Non Fungible Token mulai menjadi perhatian masyarakat Indonesia saat ini. Hal itu semakin diperkuat dengan viralnya sosok Ghozali Everyday atau Ghozali Ghozalu belakangan ini. Ghozali Everyday mendadak jadi miliuner dari hasil penjualan NFT foto selfie-nya di OpenSea. Selain OpenSea, ternyata ada aplikasi jual beli NFT lokal Indonesia.  

NFT atau Non Fungible Token adalah aset digital turunan dari Cryptocurrency berupa CryptoArt. CryptoArt ini diperjualbelikan kepemilikan menggunakan mata uang crypto yang sudah terdaftar. Sehingga transaksi jual beli NFT terdesentralisasi menggunakan teknologi Blockchain.

Ada sekitar lima marketplace Non Fungible Token buatan Indonesia. Daftar aplikasi jual beli NFT lokal ini asli garapan orang Indonesia. Berikut penjelasan lengkapnya.

Aplikasi Jual Beli NFT Lokal Indonesia

1. TokoMall

TokoMall merupakan marketplace Non Fungible Token lokal pertama di Indonesia. Melansir dari situs website-nya, aplikasi jual beli NFT ini memfasilitasi brand, artis, dan kreator lokal yang ingin memasarkan CryptoArt ke pasar dunia.

Selain menjual NFT, situs ini memberi pilihan kreator untuk menukar barang fisik dari mitra resmi TokoMall. Maka dari itu, marketplace ini menjadi pengembang utilitas Toko Token dengan dukungan jaringan Binance Smart Chain.

2. Paras

Paras adalah marketplace NFT yang terintegrasi dengan teknologi Blockchain. Mengutip dari website paras.id, situs ini memfasilitasi kreator NFT untuk menjual karya seni digital berupa gambar kartu yang unik. 

Karena dirancang untuk terintegrasi dengan Blockchain, maka Paras bisa mencegah pemalsuan dan bukti kepemilikan sah. Hal itu dikarenakan sistem buku besar terdistribusi yang menjadi keunggulan teknologi Blockchain.

Baca Juga: Mobil Huawei AITO M5 Pakai Teknologi Keyless Entry Bluetooth dan NFC Pertama di Dunia

3. Enevti

Melansir dari situs resminya, Enevti mengklaim bahwa mereka menjadi marketplace NFT pertama yang memungkinkan NFT ditukar menggunakan protokol pembiayaan kreator. Sistem ini juga disebut sebagai fungsi utilitas eksklusif.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB

Apple WWDC 2022 Akan Digelar Bulan Juni 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:28 WIB

Jaringan 6G Tengah Dikembangkan oleh Samsung

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:56 WIB
X