5 Kelebihan Domain ID

- Kamis, 20 Januari 2022 | 22:32 WIB
Unsplash/Remotar Jobs
Unsplash/Remotar Jobs

HARIANHALUAN.COM - Ternyata masih banyak pemilik website yang menganggap bahwa domain .id tidak cocok untuk keperluan komersial daripada domain .com. Padahal sebenarnya domain .id bisa meningkatkan kredibilitas website Anda lho! Selain itu, ada berbagai kelebihan domain id lain yang bisa Anda rasakan.

Domain .id sendiri termasuk kategori ccTLD atau Country Code Top Level Domain. Jenis domain ini digunakan khusus untuk website dari Indonesia. Website yang menggunakan ekstensi TLD dua huruf ini akan memudahkan pengguna dalam mengenal negara asal website tersebut. Jadi, setiap negara tentu memiliki ekstensi domain yang berbeda.

5 Kelebihan Domain ID

Lalu, apa saja kelebihan domain id? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Kredibilitas Website

Sekarang ini website dengan ekstensi domain id lebih dipercaya oleh pengguna internet. Hal ini karena proses pembuatannya yang memerlukan identitas resmi. Misalnya, bukti KTP ataupun dokumen penting lainnya.

Jadi, pemilik website akan lebih berhati-hati saat membuat konten. Dengan begitu, pembaca bisa lebih percaya pada website tersebut. Karena tidak mungkin menyajikan konten negatif atau hoax.

2. Mendapat Ranking yang Lebih Tinggi di Search Engine

Mendapat ranking tinggi di search engine adalah salah satu tujuan utama bagi para pemilik website. Terutama jika Anda mengincar traffic dari Indonesia saja. Tujuan tersebut bisa Anda capai dengan menggunakan domain .id.

Mengapa bisa begitu? Karena website yang menggunakan ccTLD cenderung mendapatkan ranking yang meningkat. Google akan mendeteksi bahwa website tersebut relevan dengan keyword terkait dan berhubungan dengan area tertentu.

3. Waktu Akses yang Lebih Cepat

Ternyata website yang menggunakan domain .id bisa memiliki kecepatan akses yang tinggi, lho! Hal ini dikarenakan Domain Name Server (DNS) berasal dari Indonesia. Jadi, secara otomatis akses website menjadi lebih cepat. Tentu saja hal ini akan memengaruhi traffic pengunjung dan performa SEO pada website Anda.

4. Menyediakan Banyak Kuota Nama Domain

Untuk Anda yang kesulitan atau bahkan tidak menemukan nama domain yang cocok dan unik pada ekstensi .com, maka bisa gunakan domain .id sebagai alternatifnya. Hingga kini pengguna ekstensi domain .ID masih lebih sedikit dibanding ekstensi .com. Jadi, Anda bisa mengandalkan keyword potensial untuk menjadi nama domain website.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB
X