7 Perusahaan Teknologi Mobil Otomatis yang Berstatus Unicorn

- Minggu, 23 Januari 2022 | 02:17 WIB
Ilustrasi Mobil Otonom Besutan Start-up Unicorn Velodyne Lidar. Image credit: Geospatial World (Ida Farida)
Ilustrasi Mobil Otonom Besutan Start-up Unicorn Velodyne Lidar. Image credit: Geospatial World (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Self-driving cars atau mobil otonom kini telah menjadi tren dunia otomotif. Di balik kesuksesan tren itu, memang ada peran produsen mobil dan perusahaan teknologi besar yang terlibat dalam industri otomatisasi. Namun, perusahaan teknologi mobil otomatis rintisanlah yang membuat tempat bagi mereka dengan penemuan-penemuan baru.

Daftar start-up perusahaan teknologi mobil otomatis di bawah ini telah terbukti mampu memberikan inovasi dalam teknologi otomatisasi pada mobil otonom. Sehingga kini, mereka sudah berstatus sebagai start-up unicorn.

Start-up Perusahaan Teknologi Mobil Otomatis yang Berstatus Unicorn

1. Velodyne Lidar

Perusahaan Velodyne Lidar berbasis di San Jose, California, Amerika Serikat. Velodyne dikenal di seluruh dunia untuk portofolio terobosan teknologi sensor lidar. Start-up ini menyediakan solusi lidar yang cerdas dan kuat untuk kendaraan otonom, bantuan pengemudi, solusi pengiriman, robotika, navigasi, pemetaan, dan masih banyak lagi.

Lini produk Velodyne yang berkinerja tinggi mencakup berbagai solusi pengindraan. Di antaranya yaitu Puck™ yang biayanya hemat, Ultra Puck™ yang serbaguna, Alpha Prime™ yang dapat memajukan otonomi, Velarray™ yang dioptimalkan pada ADAS, dan perangkat lunak inovatif untuk bantuan pengemudi (Vella™).

Sebagai pemimpin di industri teknologi ini, Velodyne Lidar telah melayani lebih dari 300 pelanggan, termasuk hampir semua produsen peralatan otomotif global terkemuka.

2. Zoox

Zoox adalah anak perusahaan Amazon yang mengembangkan kendaraan otonom. Start-up ini merupakan penyedia Mobility-as-a-Service. Zoox berbasis di Foster City, California, Amerika Serikat dan memiliki beberapa kantor operasional di seluruh wilayah San Francisco Bay Area dan Seattle, Washington.

Perusahaan rintisan unicorn ini didirikan untuk membuat transportasi pribadi lebih aman, lebih bersih, dan lebih menyenangkan bagi semua orang. Untuk mencapai tujuan itu, mereka menciptakan bentuk transportasi yang baru.

Baca Juga: Benarkah Mobil Otomatis Bakal Jadi Tren Masa Depan Transportasi?

3. Quanergy Systems

Quanergy Systems adalah perusahaan teknologi swasta berbasis di Silicon Valley. Perusahaan rintisan ini didirikan pada tahun 2012 dan dibangun berdasarkan pengalaman puluhan tahun dari timnya di bidang optik, fotonik, optoelektronika, perangkat lunak kecerdasan buatan, dan sistem kontrol.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Analytics Insight

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB
X