5 Robot AI Ini Bisa Terbang untuk Membantu Pekerjaan Manusia

- Minggu, 23 Januari 2022 | 22:40 WIB
Ilustrasi Robot Terbang yang Sedang Mengantarkan Paket. Image credit: freepik (Ida Farida)
Ilustrasi Robot Terbang yang Sedang Mengantarkan Paket. Image credit: freepik (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Pernahkah kalian terpikir ada robot yang bisa terbang? Ternyata pemikiran itu bukan khayalan belaka. Kini, ada robot hasil kecerdasan buatan yang bisa melakukan hal itu. Daftar robot AI di bawah tidak hanya bisa terbang, melainkan punya kemampuan canggih yang dapat membantu berbagai aktivitas manusia.

Bukan hal mustahil, saat ini, kita hidup di era otomatisasi, di mana robot AI dan kendaraan otonom mengambil alih seluruh sektor teknologi. Maka, fenomena ini disebut sebagai disruption atau kekacauan jika kita tidak tahu bagaimana cara menyikapinya.

Selama beberapa tahun terakhir, telah tercipta lonjakan inovasi robot AI seperti drone, robot beroda atau robot berkaki, robot yang mirip burung, dan masih banyak lagi yang lebih canggih. Sehingga eksistensi atau keberadaan robot kecerdasan buatan dapat berpotensi menjadi bahaya bagi kehidupan manusia.

Berikut adalah lima robot AI canggih yang memiliki kemampuan untuk terbang dalam melakukan aktivitasnya.

1. Robobee

RoboBee adalah robot kecil yang bisa terbang. Robot ini dikembangkan oleh tim robotika di Universitas Harvard. 

Penciptaan robot ini terinspirasi dari lebah yang secara alamiah memiliki kemampuan untuk terbang. Para peneliti merancang Robobee dengan tujuan menciptakan robot yang bisa melakukan berbagai aktivitas di bidang pertanian atau bantuan bencana.

Robobees diciptakan dengan ide untuk mengembangkan perangkat mikro-udara otonom yang mandiri dan mampu terbang otomatis. Sehingga robot ini dapat berkontribusi besar dalam membantu aktivitas manusia.

2. iRonCub

iRonCub adalah robot humanoid kecil yang terlihat seperti anak kecil sedang membawa empat mesin jet dan ransel di punggungnya. Robot ini dikembangkan oleh peneliti terkemuka dari Institut Teknologi Italia.

Mereka membutuhkan waktu hampir lima tahun untuk membuat robot ini. Ide di balik robot ini yaitu memasang mesin jet di tangan dan kakinya untuk membuat robot humanoid bisa terbang.

3. Cimon

CIMON (Crew Interactive Mobile Companion) adalah robot AI berbentuk kepala yang digunakan di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Robot ini menjadi asisten kecerdasan buatan pertama yang bisa terbang.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Analytics Insight

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Bukti Bumi Bulat yang Sulit Dibantah

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:29 WIB

Pengguna YouTube Gratisan Bakal Sulit Skip Iklan?

Kamis, 15 September 2022 | 11:37 WIB

HP Poco C40, Kenali Fitur dan Spesifikasi Kameranya

Selasa, 6 September 2022 | 13:09 WIB

Razer Kishi V2 Kini Tersedia untuk iPhone

Jumat, 2 September 2022 | 11:55 WIB
X