10 Pemanfaatan Artificial Intelligence Ini Telah Mengubah Dunia

- Senin, 24 Januari 2022 | 02:31 WIB
Ilustrasi yang Menggambarkan Bagaimana Teknologi Artificial Intelligence Mampu Menyederhanakan dan Memudahkan Aktivitas Manusia. Image credit: freepik.com/rawpixel (Ida Farida)
Ilustrasi yang Menggambarkan Bagaimana Teknologi Artificial Intelligence Mampu Menyederhanakan dan Memudahkan Aktivitas Manusia. Image credit: freepik.com/rawpixel (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - AI (Artificial Intelligence) menjadi teknologi baru yang paling pesat perkembangannya saat ini. Fakta itu dibuktikan dengan banyaknya pengadopsian kecerdasan buatan di berbagai bidang. Artikel ini memuat sepuluh pemanfaatan artificial intelligence dalam kehidupan yang akan mengubah dunia, cepat atau lambat.

Menurut laporan yang dilansir dari situs Analytics Insight, AI akan berperan lebih baik daripada manusia dalam hal menerjemahkan bahasa pada tahun 2024, mempromosikan produk pada tahun 2031, dan melakukan prosedur pembedahan pada tahun 2053. Sementara itu, mari kita lihat bukti nyata pemanfaatan artificial intelligence saat ini.

1. Machine Learning

Pertama, pemanfaatan artificial intelligence berupa hadirnya Machine Learning (ML). ML adalah aplikasi kecerdasan buatan otomatis yang bisa menganalisis dan meningkatkan pengalaman tanpa diprogram secara eksplisit. ML memungkinkan aplikasi komputer dapat mengakses informasi dan menggunakannya untuk menganalisis secara otomatis.

Pemanfaatan Machine Learning dalam kehidupan yang kita ketahui yaitu  sistem pemeliharaan  data yang dapat diterapkan di beberapa bidang seperti investasi, pinjaman online, pendeteksi penipuan, dan masih banyak lagi.

2. AI di Bidang Pertahanan dan Keamanan

Pemanfaatan AI di bidang pertahanan dan keamanan benar-benar tidak terbatas. Teknologi AI sering disematkan ke dalam sistem senjata dan pengawasan untuk meningkatkan kinerja. Sehingga AI secara teratur mampu meningkatkan pengenalan target, simulasi dan pelatihan penerbangan, dan pemantauan risiko.

Yang paling penting, pemanfaatan kecerdasan buatan terlihat pada pekerjaan yang vital dan mudah berubah saat mengamankan perbatasan negara. Hal itu dilakukan dengan cara mendelegasikan robot AI, pesawat tak berawak, drone, UAV, dan lain-lain.

Maka dari itu, pemanfaatan AI ini dapat mengurangi ancaman kehidupan bagi Tentara di perbatasan dan menawarkan pengawasan yang lebih baik melalui penggunaan teknologi pengenalan wajah yang canggih.

3. AI di Bidang Pendidikan

Masa depan ruang kelas di sekolah atau perguruan tinggi adalah virtual. Buktinya, sudah ada banyak kursus di platform online yang sangat informatif serta dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Fakta ini semakin menguat dengan adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Sehingga siswa dan pengajar terpaksa harus bertemu virtual melalui platform online meeting. 

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Analytics Insight

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wah, Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan Nomor HP?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:28 WIB

Ngeri! Lubang "Alien" Ditemukan di Dasar Laut

Senin, 1 Agustus 2022 | 12:35 WIB
X