Pemerintah Sedang Menggarap Desain Metaverse IKN Nusantara

- Senin, 24 Januari 2022 | 11:02 WIB
Ilustrasi Desain Metaverse IKN Nusantara. Image credit: Berita Satu (Ida Farida)
Ilustrasi Desain Metaverse IKN Nusantara. Image credit: Berita Satu (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Melansir dari KOMPAS, pemerintah sedang menggarap proyek desain Metaverse untuk Ibu Kota Negara baru (IKN Nusantara) di Kalimantan Timur. Kabar ini disampaikan oleh Menteri PPN, Suharso Monoarfa pada Kamis (13/1).

Suharso menyampaikan bahwa desain Metaverse IKN Nusantara menjadi bagian dari rencana induk atau masterplan pembangunan. Rencana itu disusun berdasarkan kajian teknokratik, di mana terdapat key performance indicator (KPI) sebagai landasan mendasar. 

Melalui informasi itu, desain Metaverse IKN Nusantara diprediksi rampung empat bulan lagi. Arsitektur urban untuk proyek desain Metaverse IKN menjadi indikator penting dalam penggarapan masterplan pembangunan Indonesia. Sehingga dengan adanya desain Metaverse, gambaran atau wujud IKN dapat dimaknai lebih luas.

Baca Juga: Web 3.0, Metaverse, dan NFT 2.0 Bakal Jadi Tren Teknologi 2022

Fenomena memasuki dunia Metaverse rupanya bukan hanya diminati oleh raksasa teknologi. Pemerintah Indonesia pun turut ingin menikmati kecanggihan teknologi yang ditawarkan Metaverse. Apakah ini hal yang positif dan perlu dilakukan oleh pemerintah?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kita perlu menelisik lebih jauh terkait perkembangan teknologi digital yang akan semakin pesat. Saat ini kita baru ada di era revolusi industri 4.0. Maka dari itu, di depan mata sudah menanti era 5.0, 6.0, dan lain-lainnya.

Digitalisasi selain memberi dampak positif pada pembangunan, juga memberi celah negatif atau kesenjangan. Oleh karena itu, pemerataan layanan teknologi di semua wilayah harus masuk juga ke dalam rencana besar pemerintah.

Baca Juga: Tinjauan Literatur: Apa Itu Metaverse?

Mengingat masih banyak daerah-daerah yang belum mendapatkan fasilitas digital dan layanan jaringan terbaru dan tercanggih, rupanya hal itu tak boleh luput dari perhatian semua pihak. Kabarnya, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), pemerintah juga sedang menggencarkan pemerataan teknologi 5G di Indonesia.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB
X