Fakta yang Perlu Diketahui Soal Dunia Virtual 3D Metaverse

- Senin, 24 Januari 2022 | 11:40 WIB
Ilustrasi Dunia Metaverse. Image credit: Wall Street Journal (Ida Farida)
Ilustrasi Dunia Metaverse. Image credit: Wall Street Journal (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Gagasan soal Metaverse menjadi populer belakangan ini berkat Mark Zuckerberg yang mengubah nama Facebook menjadi Meta. Dia ingin menciptakan dunia baru yang memungkinkan setiap orang dari berbagai belahan dunia berkumpul di dunia virtual tiga dimensi.

Namun, fenomena ini ternyata mendapat respons yang beragam dari beberapa pendiri raksasa teknologi dunia seperti Elon Musk, Bill Gates, Steve Jobs, Jack Dorsey, dan yang lainnya. Musk diketahui pernah menyampaikan pendapat bahwa ia tidak tertarik masuki dunia Metaverse.

Berbeda dengan perusahaan teknologi Apple yang mendukung Metaverse dengan menciptakan produk headset AR/VR untuk masuki dunia Metaverse. Berikut empat hal yang perlu kalian ketahui soal Metaverse.

Baca Juga: Tinjauan Literatur: Apa Itu Metaverse?

1. Apa Itu Metaverse?

Metaverse adalah dunia virtual tiga dimensi yang menjadi tempat bertemunya orang-orang dalam wujud Avatar. Di dunia ini, kita bisa berkumpul, bermain, dan bekerja dari berbagai belahan dunia tanpa terhalang oleh jarak dan waktu.

Untuk bisa memasuki dunia Metaverse, setiap orang memerlukan perangkat khusus berupa headset virtual reality.

2. Siapa Pencetus Metaverse?

Konsep dunia Metaverse memang dipopulerkan oleh Mark Zuckerberg dari Meta, tetapi sebetulnya ide ini sudah ada sejak lama. Dunia virtual tiga dimensi seperti konsep Metaverse sudah diperkenalkan dalam novel Snow Crash yang ditulis oleh Neal Stephenson pada tahun 1992 silam.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Medcom.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wah, Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan Nomor HP?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:28 WIB

Ngeri! Lubang "Alien" Ditemukan di Dasar Laut

Senin, 1 Agustus 2022 | 12:35 WIB
X