Platform Metaverse yang Paling Populer dan Diminati di Dunia

- Senin, 24 Januari 2022 | 20:13 WIB
Ilustrasi Platform Metaverse. Image credit: Decentraland (Ida Farida)
Ilustrasi Platform Metaverse. Image credit: Decentraland (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Metaverse sedang menjadi bahan perbincangan banyak orang di berbagai belahan dunia. Kini, dunia virtual yang imersif itu bukan lagi fiksi ilmiah belaka. Sudah banyak platform Metaverse yang diciptakan oleh perusahaan teknologi.

Meskipun definisi yang konsisten belum muncul, secara luas, metaverse adalah jaringan dunia virtual tiga dimensi yang memanfaatkan teknologi seperti VR dan AR untuk membangun koneksi sosial dan didukung oleh sistem ekonomi digital.

Baru-baru ini, Facebook yang sekarang menjadi Meta, telah menggelontorkan dana sebesar 10 miliar dolar AS untuk membangun dunia Metaverse-nya. Meta ingin menggemparkan percakapan seputar topik tersebut. Namun, nyatanya, Meta bukan satu-satunya game yang ada di platform Metaverse.

Baca Juga: Fakta yang Perlu Diketahui Soal Dunia Virtual 3D Metaverse

Daftar platform Metaverse terpopuler dan paling diminati yang ada di artikel ini diambil dari data Analytics India Magazine. 

1. Decentraland

Ari Meilich dan Esteban Ordano adalah pendiri Decentraland. Decentraland merupakan sebuah platform dunia virtual tiga dimensi open-source yang diciptakan pada tahun 2015. Decentraland adalah salah satu platform Metaverse tertua dan telah berkolaborasi dengan Samsung dan Australian Open (AO).

Lahan yang dijual di platform Metaverse ini memiliki harga 20 dolar AS dan Cryptocurrency-nya, (MANA) diperdagangkan pada angka $0,02 saat peluncurannya di tahun 2017. Platform ini dibuka untuk umum pada Februari 2020, dan diawasi oleh Decentraland Foundation. 

Decentraland adalah platform Metaverse berlapis tunggal yang dibagi menjadi grid yang sama. Setiap koordinat tunggal disebut LAND. Selain itu, pasokan lahannya terbatas dan hanya masyarakat yang memiliki mandat yang bisa menciptakan lebih banyak lahan melalui Decentraland DAO (alat pengambilan keputusan bagi pemegang TANAH dan MANA).

Platform virtual ini memungkinkan pengguna untuk menempatkan model 3D di ruang menggunakan alat pembuat drag and drop sederhana. Untuk profesional, Decentraland menawarkan alat SDK untuk menghasilkan konten interaktif: Pengguna dapat mengimpor model 3D ke Decentraland, mengkodekan aplikasi, game, dan animasi tingkat lanjut.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Analytics India Magazine

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apple WWDC 2022 Akan Digelar Bulan Juni 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:28 WIB

Jaringan 6G Tengah Dikembangkan oleh Samsung

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:56 WIB

Tempat Terbaik untuk Membeli Koin Kripto Solana

Jumat, 13 Mei 2022 | 17:05 WIB

Mata Uang Kripto Terra LUNA Anjlok 99 Persen

Jumat, 13 Mei 2022 | 16:49 WIB
X