Beli Perlengkapan Dasar PC Gaming, Butuh Biaya Berapa?

- Jumat, 28 Januari 2022 | 19:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dulu orang cenderung mengasosiasikan game dengan bermalas-malasan dan tidak produktif? (Jika tidak maka Anda mungkin masih muda.)

Untungnya, waktu telah berubah. Jaman sekarang, banyak laporan mengklaim bahwa video game dapat membuat orang menjadi lebih pintar. Contohnya Elon Musk sebagai bukti dari seorang gamer yang cerdas dan mampu berinovasi di ranah teknologi.

Baca Juga: Membahas Potensi Karir di Dunia eSport Bersama MPL

Selain itu, pemain Esports profesional juga diestimasikan dapat menghasilkan banyak prestasi dan pendapatan yang tinggi. Penghasilan terbesar yang dikantongi pemain Esports tercatat lebih dari US$7 juta atau satu miliyar rupiah!
Tidak heran mengapa banyak yang mulai berinvestasi dalam perlengkapan game. Menggunakan analogi seperti olahraga fisik, untuk mendapatkan permainan berkualitas, pemain tenis juga harus berinvestasi diraket yang bagus.

Dengan latar belakang ini, agregator ecommerce iPrice Group melakukan riset dengan mengobservasi 1.303 produk dari database internal iPrice dan 279 produk dari Newegg. Tujuannya untuk mengetahui berapa banyak pengeluaran untuk gamer PC tingkat atas dan tingkat menengah.

Baca Juga: Resmi Dirilis, Ini 10 eSport yang Dipertandingkan pada Sea Games 31

Menurut data yang ditemukan, gamer PC membutuhkan rata-rata US$3.548 atau sekitar Rp 50 juta bagi kebutuhan game kompetitif tingkat atas yang mencakup CPU, GPU, keyboard mekanik, monitor resolusi tinggi, headset, kursi gaming, dan mouse.

Sekitar 35% dari anggaran digunakan untuk GPU, yang saat ini berharga rata-rata Rp 17 jutaan karena adanya peningkatan demand dari crypto miners. CPU, monitor, dan kursi gaming adalah item termahal berikutnya untuk gamers papan atas, masing-masing seharga sekitar Rp 12 jutaan, Rp 10 jutaan, dan Rp 6 jutaan.

Sementara itu, rata-rata biaya kebutuhan pokok lainnya seperti headset, keyboard, dan mouse kelas atas masing-masing adalah Rp 2 jutaan, Rp 1.7 jutaan dan Rp 900 ribuan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X