Masa Depan Artificial Intelligence dalam Transformasi Digital

- Senin, 31 Januari 2022 | 20:06 WIB
Ilustrasi Masa Depan Artificial Intelligence dalam Konteks Transformasi Digital. Image credit: Forbes (Ida Farida)
Ilustrasi Masa Depan Artificial Intelligence dalam Konteks Transformasi Digital. Image credit: Forbes (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Dampak artificial intelligence sudah sampai ke sektor ekonomi global. Lantas, apa saja bentuk pemanfaatannya untuk masa kini dan kehidupan di masa mendatang?

Perlu kalian tahu, algoritme artificial intelligence dirancang khusus untuk membuat keputusan yang menggunakan data real-time. Sehingga produk kecerdasan buatan tidak seperti mesin pasif yang hanya mampu melakukan respons mekanis atau yang telah ditentukan sebelumnya.

Pemanfaatan artificial intelligence dilakukan pakai sensor, data digital, atau input jarak jauh. AI  menggabungkan informasi dari berbagai sumber berbeda, menganalisis materi secara instan, dan bertindak berdasarkan wawasan yang diperoleh dari data tersebut.

Baca Juga: Evolusi Artificial Intelligence dalam Ekosistem Digital

Dengan adanya peningkatan besar-besaran dalam sistem penyimpanan, kecepatan pemrosesan, dan teknik analitik, AI mampu menghasilkan kecanggihan yang luar biasa dalam analisis dan pengambilan keputusan.

Transformasi Digital yang Dipengaruhi Artificial Intelligence

1. Sektor Transportasi

Meskipun butuh satu dekade atau lebih untuk menyempurnakan teknologi kecerdasan buatan, mobil otonom yang saat ini sudah beredar di pasaran, suatu hari nanti akan membawa kita dari satu tempat ke tempat lain dengan jauh lebih canggih.

Kehadiran transformasi di bidang otomotif ini telah memberi sedikit banyak manfaat terhadap lingkungan. Mobil otomatis tidak membutuhkan energi berlebihan yang sebelumnya bersumber dari minyak bumi, karena mobil jenis ini menggunakan listrik untuk tenaganya.

2. Industri Manufaktur

Robot bertenaga AI mampu bekerja dengan manusia untuk melakukan berbagai tugas terbatas seperti perakitan dan penumpukan serta sensor analisis prediktif dalam menjaga peralatan agar tetap berjalan dengan lancar.

Pemanfaatan AI di bidang ini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan pakar dan profesional. Ada yang beranggapan robot AI adalah kecanggihan yang membawa manusia ke peradaban yang lebih maju, ada juga yang menyikapinya sebagai ancaman besar. Bukan tanpa sebab, otomatisasi memang hampir sepenuhnya menggantikan pekerjaan manusia di industri manufaktur.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Analytics Insight, builtin.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ngeri! Lubang "Alien" Ditemukan di Dasar Laut

Senin, 1 Agustus 2022 | 12:35 WIB
X