Daftar 10 Mata Uang Kripto Terpopuler di Dunia Tahun 2022

- Senin, 31 Januari 2022 | 21:24 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto. Image credit: Freepik (Ida Farida)
Ilustrasi Mata Uang Kripto. Image credit: Freepik (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Bitcoin dan mata uang kripto lainnya menjadi sangat populer di tahun 2020 dan 2021. Sekarang, banyak investor Cryptocurrency yang menggunakan uang kripto untuk tujuan pembayaran dan transaksi. 

Saat ini, dunia Cryptocurrency tidak terbatas pada industri Fintech saja. Menariknya, beberapa orang terkenal dan paling berpengaruh di industri teknologi juga memperluas domain teknologi mereka dengan berinvestasi dalam mata uang kripto.

Terlepas dari bank yang sepenuhnya digital saat ini, platform yang lebih baru seperti Coinbase hadir dengan fasilitas transaksi dan sepenuhnya merevolusi mode pembayaran perbankan konvensional.

Daftar Mata Uang Kripto Terpopuler

1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin saat ini adalah Cryptocurrency paling populer. Secara teoritis, BTC adalah mata uang online peer-to-peer, yang berarti bahwa semua transaksi terjadi secara langsung antara pengguna jaringan independen yang setara, tanpa perlu pihak ketiga untuk mengizinkan atau memfasilitasi transaksi.

2. Ethereum (ETH)

Saat ini, Cryptocurrency besar seperti Ethereum hampir semua orang sudah mengetahuinya. Ethereum berada di urutan kedua setelah BTC dan sebagian besar dikenal karena memiliki fasilitas kontrak pintarnya.

Kontrak ETH dapat diprogram, yang berarti mereka dapat mengaktifkan jaringan kasus penggunaan yang besar, termasuk token, stablecoin, DeFi, atau token yang tidak dapat dipertukarkan.

3. Solana (SOL)

Baru-baru ini, Solana mengalami penurunan, tetapi mata uang kripto ini cukup sukses pada tahun 2021. SOL telah membuktikan dirinya sebagai salah satu uang kripto dengan pertumbuhan tercepat di pasaran. Selain itu, tidak ada perbedaan pendapat bahwa SOL adalah pesaing terbesar Ethereum. Menurut laporan, koin SOL tumbuh 13,662% pada tahun 2021.

4. Shiba Inu (SHIB)

Para ahli dan analis kripto percaya bahwa koin meme mungkin bukan pilihan yang layak untuk investasi jangka panjang. Namun, memecoin telah menunjukkan potensinya pada tahun 2021. Maka, berinvestasi di memecoin top seperti Shiba Inu cukup menjanjikan. Di tahun 2021, SHIB memperoleh kenaikan nilai pasar yang eksplosif sebesar 481.000%. 

5. Axie Infinity

Munculnya metaverse menggemparkan internet pada tahun 2021, dan mata uang ini kemungkinan akan mendapat daya tarik ditahun 2022. Hal itu disebabkan karena investor dan pengembang mulai menyadari potensinya.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Analytics Insight

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Chipset Ukuran 3 Nanometer Tengah Disiapkan TSMC

Jumat, 24 Juni 2022 | 21:16 WIB
X