Inilah Operator yang Akan Menghapus Sinyal 3G di Seluruh Indonesia

- Kamis, 31 Maret 2022 | 10:26 WIB

HARIAN HALUAN - Jaringan 3G rencananya bakal dimatikan di seluruh wilayah Indonesia. Rencana ini sudah digaungkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Beberapa operator pun secara bertahap bakal mulai mematikan jaringan 3G.

Namun, Kominfo diketahui masih melakukan kajian mendalam soal rencana penghapusan jaringan 3G di Indonesia tersebut, dengan mempertimbangkan faktor penyediaan sinyal 4G dan kepentingan pengguna layanan.

Meski belum ada kewajiban, dua operator seluler di Indonesia, Telkomsel dan XL Axiata sudah menegaskan bahwa pihaknya bakal mematikan sinyal 3G pada 2022 ini.

Baca Juga: Ikuti Digital Bootcamp Gratis Selama Ramadhan, Kolaborasi HIPMI Sumbar, AyoBelajar dan Upskill

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) siap mematuhi arahan pemerintah mengenai pemadaman jaringan 3G. Pemadaman akan terus memperhatikan kualitas layanan yang diberikan Telkomsel kepada pelanggan.

Rencana penghapusan dan updagrade jaringan 3G ke 4G akan dimulai pada Maret 2022 dengan tahap pertama mencakup 90 kota/kabupaten, yang meliputi 766 kecamatan.

Kemudian tahap berikutnya akan dilakukan upgrade jaringan di 132 kota/kabupaten pada Juni hingga Juli 2022.

Baca Juga: Bocoran Aturan Baru Kominfo, Twitter dan Media Sosial Lainnya Bisa Didenda Jika Tak Segera Hapus Konten

Lalu upgrade ketiga di 178 kota/kabupaten pada Agustus hingga Oktober 2022, dan 104 kota/kabupaten pada November sampai dengan Desember 2022.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

Chipset Ukuran 3 Nanometer Tengah Disiapkan TSMC

Jumat, 24 Juni 2022 | 21:16 WIB
X