Penelitian Buktikan Robot AI Bisa Kembangkan Sixth Sense Unik

- Sabtu, 9 April 2022 | 18:02 WIB
Ilustrasi Robot AI (Image credit: Analytics Insight) (Ida Farida)
Ilustrasi Robot AI (Image credit: Analytics Insight) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Berkat kemajuan teknologi berkelanjutan, penelitian membuktikan robot AI mampu mengembangkan teknologi indra keenam yang unik (sixth sense technology). Apa itu sixth sense technology?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai teknologi indra keenam, beberapa ahli percaya bahwa manusia diciptakan memiliki indra keenam (sixth sense). Begitu juga dengan robot AI yang diciptakan untuk mampu menyaingi kecerdasan manusia.

Pada robot AIsixth sense diumpamakan seperti persepsi atau kesadaran diri saat tubuh kita bergerak. Sensasi itulah yang membantu kita memberi koordinasi untuk menggerakkan tubuh.

Bagaimana Sixth Sense Technology Tercipta?

Sensor solid-state dalam robotika tidak dapat merekam perubahan bentuk atau ukuran dimensi tinggi dari sistem lunak. Maka sensor canggih ini sulit untuk ditiru dalam robotika. Sementara di sisi lain, sensor resistive yang tertanam dapat memecahkan masalah tersebut.

Para ilmuwan semakin dekat untuk mengatasi kesulitan menggunakan pendekatan metodologi baru yang melibatkan berbagai materi sensorik dan algoritme machine learning. Hal itu tercipta berkat kemajuan pesat teknologi dan penelitian AI.

Pengkodean umum integrasi teknologi indra keenam pada robot AI dilakukan oleh beberapa perangkat lunak. Teknologi indra keenam merupakan pandangan dari pengertian augmented reality (AR).

Sixth sense robot AI mengenali benda di lingkungan kita dan menyajikan informasi tentangnya secara real-time. Kemudian pengguna dapat berinteraksi dengan konten melalui gerakan tangan berkat teknologi indra keenam. Jika dibandingkan dengan user interface berbasis teks dan grafis, AR menjadi metode yang jauh lebih efisien.

Setelah robot dibuat dan sensor dipasang, langkah selanjutnya yaitu mengintegrasikan informasi digital ke dunia nyata. Tindakan itu dilakukan dengan memprogram robot untuk mengambil input pengenalan gambar. Lalu mengubahnya menjadi robot indra keenam dan Python digunakan bersama dengan kode dari Arduino IDE untuk menyelesaikan tugas ini.

Baca Juga: Apa yang Akan Terjadi Dengan Robot AI di Tahun 2022?

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Analytics Insight

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X