Sering Diabaikan, Ternyata Ini Manfaat Filter Oli pada Sepeda Motor

- Selasa, 19 April 2022 | 07:45 WIB
Filter Oli pada Sepeda Motor
Filter Oli pada Sepeda Motor

HARIAN HALUAN - Masih banyak pemilik kendaraan bermotor yang mengabaikan saran teknisi untuk mengganti filter oli saat melakukan service rutin.

Jika Anda salah satunya, maka perlu untuk memahami apa fungsi filter oli dan apa akibatnya jika tidak segera menggantinya tepat waktu.

Oli merupakan pelumas yang dibutuhkan oleh semua jenis kendaraan bermesin. Bahkan mesin-mesin pabrik pun membutuhkan oli dan diganti secara berkala. Fungsi utamanya adalah untuk melumasi semua bagian-bagian mesin.

Perawatan sepeda motor secara rutin dan tepat dibutuhkan untuk menjaga performa tetap optimal, sekaligus menghindari biaya perawatan lebih besar.

Seperti juga penggantian filter oli yang seringkali diabaikan, padahal komponen ini turut menjaga performa dan durabilitas mesin sepeda motor.

Alasan servis menjadi mahal adalah masalah utama yang membuat banyak pengendara motor mengurungkan niat untuk mengganti filter oli.

Tapi jika dibandingkan dengan dampak yang nantinya akan lebih menguras biaya lagi, mengganti filter oli tepat waktu sangatlah penting.

Bagi Anda yang masih sering mengabaikan untuk mengganti filter oli harus tahu apa saja fungsinya. Berikut ini beberapa fungsi yang dimiliki filter oli dan tidak boleh disepelekan begitu saja.

Karena saat mesin bekerja secara normal, oli bekerja melumasi setiap komponen dalam mesin, seiring berjalannya waktu, oli mesin ini akan menjadi kotor karena tercampur partikel logam, seperti gram-gram sisa gesekan antar part dan karbon sisa pembakaran di mesin.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

Chipset Ukuran 3 Nanometer Tengah Disiapkan TSMC

Jumat, 24 Juni 2022 | 21:16 WIB
X