Cara Ganti Siaran TV Analog ke TV Digital Mulai 30 April 2022

- Rabu, 27 April 2022 | 11:14 WIB
Ilustrasi TV Digital (CNET) (Ida Farida)
Ilustrasi TV Digital (CNET) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai menghentikan siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO). Tahap pertama penghentian siaran TV analog akan rampung pada 30 April 2022 dan direncanakan migrasi ini akan berlangsung hingga 2 November 2022.

Pada tahap pertama, Kominfo mematikan siaran televisi analog di sejumlah wilayah di Aceh, Jawa Barat, Banten, hingga di Papua. Totalnya terdapat 116 kabupaten/kota yang meliputi 56 wilayah siaran di Indonesia.

Dengan demikian, mulai tanggal 30 April nanti, pengguna TV Analog di sejumlah wilayah tersebut tidak dapat lagi menerima dan menyaksikan siaran pertelevisian dan harus beralih ke siaran TV digital.

Baca Juga: Siaran TV Digital Bisa Ditonton Gratis oleh Semua Orang

Agar tetap dapat menyaksikan televisi, Anda mau tidak mau harus beralih ke televisi digital atau menggunakan Set Top Box (STB). Berikut ini adalah cara untuk beralih dari TV analog ke TV digital.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk pindah ke tv digital. Pertama dengan menggunakan set top box (STB) DVBT2. STB adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV Analog biasa.

Dengan menggunakan STB, pengguna tidak perlu mengganti TV analog yang dimiliki. Namun, pengguna tetap harus memiliki antena digital.

Pasalnya, STB hanya berfungsi sebagai pengubah sinyal dari digital ke analog. Sinyal digital tersebut masih harus ditangkap menggunakan antena digital.

Dengan demikian, cara pertama untuk beralih ke televisi digital adalah dengan membeli set top box (STB) dan antena digital. Alat ini bisa dibeli melalui marketplace dengan harga yang berbeda-beda.

Cara kedua yaitu dengan mengganti televisi Analog ke tv digital. Televisi digital sekilas tampak serupa dengan televisi biasa. Sehingga saat hendak membeli, tetapi pengguna perlu memastikan apakah televisi tersebut mendukung siaran digital atau tidak.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: kompas.com

Tags

Terkini

Chipset Ukuran 3 Nanometer Tengah Disiapkan TSMC

Jumat, 24 Juni 2022 | 21:16 WIB
X