Cara Membersihkan Layar Smartphone Pakai Alkohol dengan Benar

- Jumat, 6 Mei 2022 | 21:54 WIB
Ilustrasi Cara Membersihkan Layar Smartphone (Kompas) (Ida Farida)
Ilustrasi Cara Membersihkan Layar Smartphone (Kompas) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Ada banyak cara membersihkan layar smartphone. Anda dapat membersihkannya dengan cara paling sederhana, yaitu mengusap layar dengan kain fiber atau menyemprotnya pakai cairan khusus barang elektronik.

Kendati demikian, tidak sedikit pengguna smartphone yang membersihkan layar smartphone dengan alkohol atau cairan yang mengandung alkohol. Hal itu mereka yakini bahwa membersihkan layar smartphone dengan alkohol dapat membunuh kuman yang menempel di layar. Mereka kira cara membersihkan layar smartphone seperti itu tidak akan merusak komponen pada ponsel.

Asumsi itu rupanya tidak sepenuhnya tepat. Justru, cara membersihkan layar smartphone dengan alkohol sebaiknya dihindari. Berikut alasannya.

Baca Juga: Cara Berlangganan Netflix Pakai Pulsa Telkomsel dengan Mudah

Merusak komponen dalam

Cairan alkohol bisa menyusup ke komponen dalam perangkat lewat celah pada samping layar. Ketika masuk, cairan berbasis alkohol akan berpotensi merusak suku cadang di dalam smartphone. Laporan Gizchina menyebut bahwa kebanyakan kerusakan layar LCD pada smartphone disebabkan karena cairan berbasis alkohol yang masuk melalui celah di pinggir layar. Walhasil, layar sisi pinggir dan suku cadang bagian dalam smartphone terancam rusak akibat cairan alkohol.

Lapisan layar LCD memiliki ketahanan yang cukup terhadap alkohol, namun pada bagian pinggir, layar LCD tidak memiliki ketahanan yang sama terhadap alkohol.

Layar bisa menjadi buram

Sebagian besar lapisan pelindung pada layar menggunakan bahan organik, salah satunya seperti kaca oleophobic. Kaca oleophobic memiliki ketahanan terhadap minyak yang tinggi sehingga tidak meninggalkan bekas minyak pada layar ketika digunakan.

Namun, sidik jari dapat dengan mudah menempel pada kaca oleophobic. Karena lapisan pelindung menggunakan bahan organik, ketahanan lapisan pelindung tidak cukup kuat melawan cairan berbasis alkohol.

Maka, jika dibersihkan dengan cairan berbahan alkohol, kemungkinan lapisan pelindung dapat mengelupas, dan dapat menyebabkan layar menjadi buram. Tapi ini tidak menjadi masalah karena pengguna tinggal mencopot lapisan pelindung jika terkelupas.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Kompas

Tags

Terkini

Chipset Ukuran 3 Nanometer Tengah Disiapkan TSMC

Jumat, 24 Juni 2022 | 21:16 WIB
X