Pesatnya Antara Kebutuhan dan Keinginan Akan Teknologi China

- Jumat, 6 Mei 2022 | 22:31 WIB
China beralih ke produksi chip yang lebih asli/AT
China beralih ke produksi chip yang lebih asli/AT

HARIAN HALUAN - China telah memiliki ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia sejak 1980-an.

Pendorong utama pertumbuhan yang luar biasa ini adalah sistem inovasi pragmatis yang menyeimbangkan kemudi pemerintah dan pengusaha yang berorientasi pasar.

Saat ini, sistem ini sedang mengalami perubahan yang mungkin memiliki implikasi mendalam bagi tatanan ekonomi dan politik global.

Pemerintah China mendorong penelitian dan pengembangan yang lebih baik, fasilitas “manufaktur pintar”, dan ekonomi digital yang lebih canggih. 

Baca Juga: Waduh, China Malah Hentikan Pembuatan Drone di Rusia dan Ukraina

Pada saat yang sama, ketegangan antara China dan Barat memperketat kerjasama internasional dalam industri seperti manufaktur semikonduktor dan biofarmasi.

Bersamaan dengan goncangan pandemi Covid-19, dan khususnya penguncian China yang cepat dan berskala besar, perkembangan ini dapat menyebabkan pemisahan sistem inovasi China dari seluruh dunia.

Menyeimbangkan pemerintah dan pasar

Dilansir Harianhaluan.com dari Asia Times pada Jumat 6 Mei 2022. Bahwa mesin inovasi China saat ini mulai berkembang selama akhir 1970-an ketika reformasi ekonomi mengurangi peran kepemilikan negara dan perencanaan pusat. Sebagai gantinya, ruang dibuat untuk pasar mencoba ide-ide baru melalui trial and error.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X