Simak 7 Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 15:02 WIB
Ilustrasi Laptop Lemot (Haluan.co) (Ida Farida)
Ilustrasi Laptop Lemot (Haluan.co) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Mengatasi laptop loading bisa Anda coba ketika perangkat mengalami penurunan performa. Kinerja laptop yang melambat tidak secepat pertama kali digunakan. Hal itu menandakan laptop sudah mulai lemot atau lamban me-loading. Artikel ini memuat cara mengatasi laptop lemot dengan mudah.

Sama seperti produk elektronik lainnya, semakin lama usia laptop, maka perangkat akan mudah bermasalah dan melambat. Hal tersebut tentu menjengkelkan lantaran mengganggu produktivitas Anda sehari-hari.

Penyebab laptop lemot sangat beragam, bukan hanya karena faktor tunggal. Bisa karena usia laptop yang sudah lama, RAM terbatas, terlalu banyak program yang berjalan dalam satu waktu, penyimpanan hard disk yang penuh, browser kelebihan beban, terkena virus, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Manfaat Bermigrasi dari Siaran TV Analog ke TV Digital

Apabila Anda sudah mengetahui penyebab laptop yang digunakan sering lemot ketika digunakan, simak cara mengatasi laptop lemot berikut ini sebelum memutuskan beli perangkat baru.

Bersihkan cache secara berkala

Cache dan cookies di dalam sebuah perangkat harus dibersihkan secara berkala agar membuat kinerja laptop menjadi lebih ringan dan lancar.

Caranya, buka File Manager, lalu klik kanan pada gambar di hard disk misalnya Drive C atau D > klik Properties > tab General > Disk Cleanup untuk membersihkan cache atau temporary files yang menumpuk.

Hapus file dan aplikasi tidak terpakai

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: haluan.co

Tags

Terkini

Wah, Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan Nomor HP?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:28 WIB

Ngeri! Lubang "Alien" Ditemukan di Dasar Laut

Senin, 1 Agustus 2022 | 12:35 WIB
X