Baterai Rusak Hingga Penggunaan Terus Menerus Berikut 5 Penyebab Layar HP Anda Suka Gerak Sendiri

- Senin, 9 Mei 2022 | 10:29 WIB
Ilustrasi HP Bekas (Tribun) (Ida Farida)
Ilustrasi HP Bekas (Tribun) (Ida Farida)

Jakarta, HarianHaluan.com – Handphone (HP) seolah menjadi gadget wajib bagi semua orang pada saat ini, kondisi ini berbanding lurus dengan ketergantungan masyarakat terhadap salah satu alat komunikasi ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate bahkan menyebutkan jumlah pemilik smartphone atau ponsel pintar di Indonesia mencapai 345,3 juta, lebih banyak dari total penduduk yang mencapai 271,35 juta jiwa.

Namun, seiring dengan penggunaannya yang semakin sering, sangat mungkin kerusakan terjadi termasuk pada layar hp. Lantas, apa penyebab layar hp gerak sendiri?

Baca Juga: Simak 7 Cara Mengecek HP Bekas Sebelum Membeli

Berikut beberapa penyebab utama layar HP gerak sendiri yang dihimpun dari beberapa sumber.

  1. Ada Kerusakan Pada Layar atau LCD HP

Ya, handphone bergerak sendiri bukan lagi masalah baru dalam penggunaan ponsel. Ada beberapa penyebab di balik layar hp yang bergerak sendiri. Salah satunya adalah kerusakan pada layar atau LCD (Liquid Crystal Display). Kita tentu tidak asing dan tahu letak layar atau LCD ponsel.

Cek bagian tersebut dan pastikan kondisinya. Layar ponsel rentan terkena masalah. Apabila percikan air masuk ke dalam ponsel, ini bisa menyebabkan layar bergerak dengan sendirinya. Untuk mengatasi masalah seperti ini, tentu saja kamu harus mengganti LCD dengan yang baru. Tindakan ini juga akan membantu mencegah masalah melebar ke bagian lain dari ponsel.

  1. Charger yang Digunakan Rusak

Coba perhatikan apakah layar ponsel bergerak sendiri saat sedang melakukan pengisian daya. Jika ini yang terjadi, maka kemungkinannya adalah charger hp kamu rusak.

Penggunaan yang terus kamu lanjutkan bukan tidak mungkin bisa merusak handphone. Alhasil, layar hp xiaomi bergerak sendiri. Lakukan penggantian charger dan pastikan kamu hanya menggunakan produk original yang memang sesuai dengan kebutuhan ponsel kamu.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Chipset Ukuran 3 Nanometer Tengah Disiapkan TSMC

Jumat, 24 Juni 2022 | 21:16 WIB
X