5 Cara Artificial Intelligence Mentransformasi Fintech

- Selasa, 10 Mei 2022 | 21:49 WIB
Ilustrasi Cara AI Mengubah Fintech (Analytics Insight) (Ida Farida)
Ilustrasi Cara AI Mengubah Fintech (Analytics Insight) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Financial technology atau fintech adalah inovasi berbasis teknologi di sektor keuangan. Teknologi ini mencakup manajemen transaksi keuangan hingga perlindungan keamanan. Konvergensi antara artificial intelligence (AI) dan fintech sangat besar.

Peningkatan kognisi dan simulasi sosial telah memastikan bahwa teknologi kecerdasan buatan telah mengubah banyak hal. Berikut adalah 5 cara artificial intelligence akan mengubah fintech dilansir dari Analytics Insight.

1. Keamanan Lebih Kuat

AI telah terbukti sangat sukses di sektor teknologi keuangan karena memberikan dorongan besar untuk keamanan. AI dalam keamanan siber saat ini umumnya hadir dalam bentuk chat-bot yang mengubah pertanyaan umum menjadi percakapan simulasi. Selain itu, mereka dapat mengatur ulang kata sandi yang terlupakan atau memberikan akses tambahan jika diperlukan.

Baca Juga: Dibanderol 3 Jutaan, Intip Kecanggihan Vivo Y33T!

2. Peningkatan Layanan Pelanggan (Customer Service)

Layanan pelanggan adalah salah satu bidang fintech yang paling menonjol dan telah ditingkatkan oleh artificial intelligence. Kecanggihan kecerdasan buatan yang semakin meningkat telah menghasilkan chatbot, pembantu virtual, dan antarmuka kecerdasan buatan yang dapat diandalkan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Selain itu, AI juga berperan memberi kemampuan untuk menjawab pertanyaan dasar yang dapat mengurangi biaya front office dan saluran bantuan.

3. Meningkatkan Kinerja Manusia melalui Otomatisasi

Teknologi keuangan dapat ditingkatkan secara signifikan dengan teknologi yang berada di bawah payung AI, seperti machine learning, analitik data, neural networks, dan masih banyak lagi. Memang, AI sekarang sangat penting dalam layanan keuangan. Keberadaan AI mendorong efisiensi baru dan memberikan nilai di semua bidang fintech.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Analytics Insight

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wah, Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan Nomor HP?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:28 WIB

Ngeri! Lubang "Alien" Ditemukan di Dasar Laut

Senin, 1 Agustus 2022 | 12:35 WIB
X