Simak 5 Tips Merawat HP Agar Awet Bertahun-Tahun!

- Kamis, 12 Mei 2022 | 15:57 WIB
Ilustrasi smartphone (Unsplash) (Ida Farida)
Ilustrasi smartphone (Unsplash) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Telepon seluler menjadi kebutuhan utama banyak orang di era sekarang. Namun, apakah pemakaian smartphone Anda sudah benar? Untuk menghindari HP cepat rusak, ikuti tips merawat HP agar awet bertahun-tahun.

Pakai pelindung layar

Meskipun kebanyakan layar smartphone saat ini sudah diproteksi oleh kaca Gorilla Glass yang kuat. Namun tidak ada salahnya jika Anda melapisinya dengan screen protector atau pelindung layar.

Charging saat baterai sudah benar-benar habis 100 persen

Umumnya, seiring bertambah waktu pemakaian, kapasitas baterai HP akan mengalami penurunan. Agar performanya tetap bagus, sebaiknya segera sambungkan charger jika baterai ponsel Anda sudah mencapai angka 30 persen, alias jangan biarkan HP sampai mati total.

Baca Juga: Google Translate Tambah 24 Bahasa Baru, Apa Saja?

Jangan biarkan HP dicolok semalaman

Meski ada HP yang otomatis menghentikan pengisian setelah penuh, membiarkan charger terus terhubung setiap malam sebelum tidur berbahaya untuk ponsel dan diri Anda. HP yang dicas semalaman akan cepat panas dan dalam jangka panjang dapat merusak baterai.

Jangan asal pilih charger

Memang untuk melakukan pengisian daya tidak harus pakai charger bawaan. Kendati demikian, gunakanlah charger yang sesuai dan asli. Jika Anda tidak memiliki charger bawaan, selektiflah saat akan membeli kabel USB dan adaptor yang dijual bebas di pasaran.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Sindo News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X