Apa Penyebab Pasar Kripto Anjlok? Simak Informasinya di Sini!

- Jumat, 13 Mei 2022 | 16:32 WIB
Ilustrasi Kenaikan Suku Bunga Fed Berdampak Pada Kripto dan Saham (bankrate.com) (Ida Farida)
Ilustrasi Kenaikan Suku Bunga Fed Berdampak Pada Kripto dan Saham (bankrate.com) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Bagaimana kenaikan suku bunga Fed dapat berdampak pada saham, kripto, dan investasi lainnya? Kemudian, apa penyebab kripto anjlok beberapa waktu ke belakang? Simak penjelasan dalam artikel ini yang telah dilansir Harian Haluan dari bankrate.com.

Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada pertemuan Mei setelah menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2018 pada bulan Maret. Bank sentral negara itu diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan dana Fed sebesar 0,5 persen, menurut CME FedWatch Tool.

Kemungkinan juga bukan kenaikan itu bukan satu-satunya tahun ini. Kemungkinan besar Fed akan menaikkan suku beberapa kali lagi tahun ini karena upaya untuk mengendalikan inflasi.

Baca Juga: Investor Ethereum Pindah ke Bitgert setelah Pasar Kripto Anjlok

Kenaikan yang berpotensi lebih tinggi ini dapat berdampak pada saham, Cryptocurrency, komoditas (seperti emas dan minyak), serta banyak investasi lainnya selama sisa tahun ini dan hingga 2023. Kendati demikian, apa yang dapat dilakukan investor dan berapa lama kondisi kenaikan suku bunga mempengaruhi pasar?

Prospek harga yang lebih tinggi menekan pasar

Kenaikan suku bunga yang dilakukan The Fed membuat pasar benar-benar jatuh dan memberi keyakinan bahwa bank sentral akan memperketat kebijakan moneter. Saat itu November 2021 ketika Cryptocurrency dan saham paling berisiko memuncak.

"Pasar saham melihat ke depan, jadi ekspektasi suku bunga yang lebih tinggi telah berdampak," kata Caleb Tucker, Direktur Strategi Portofolio Merit Financial Advisors di wilayah Atlanta.

Namun, Indeks Standard & Poor's 500 yang berbasis luas menutup tahun ini di dekat level tertinggi sepanjang masa. Dari sana, sebagian besar indeks mengalami penurunan dan terlebih lagi untuk investasi yang lebih berisiko. Situasi serupa terjadi pada Dow Jones Industrial Average dan Nasdaq Composite.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: bankrate.com

Tags

Terkini

X