Mata Uang Kripto Terra LUNA Anjlok 99 Persen

- Jumat, 13 Mei 2022 | 16:49 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto Terra LUNA (Analytics Insight) (Ida Farida)
Ilustrasi Mata Uang Kripto Terra LUNA (Analytics Insight) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Harga Cryptocurrency Terra LUNA turun hampir 99 persen dalam semalam. Kenyataan itu menghapus hampir 95 persen kekayaan investor.

Terra, yang merupakan salah satu mata uang kripto terbesar di pasar turun di bawah US$1, setelah mencapai puncaknya sekitar US$120. Hal ini merupakan efek bola salju karena TerraUSD tidak dipatok dua kali dalam jangka waktu 48 jam. Karena UST kehilangan nilainya, token LUNA juga ikut turun.

Kondisi pasar Terra saat ini benar-benar mengejutkan investor. Volatilitasnya menakuti lebih banyak investor potensial yang sebelumnya berpikir bahwa pasar kripto akan segera stabil. Namun, fenomena Terra baru-baru ini telah membuat investor semakin kacau, membuatnya semakin sulit untuk mempertahankan token mereka.

Baca Juga: Apa Penyebab Pasar Kripto Anjlok? Simak Informasinya di Sini!

Investor Terra telah men-tweet bahwa kebanyakan dari mereka kehilangan tabungan mereka dan berharap bahwa mereka telah menguangkan keuntungan mereka ketika masih ada waktu. Namun sayangnya, volatilitas pasar kripto sangat tidak pasti.

Tidak ada yang benar-benar dapat memprediksi sebelumnya pergerakan Cryptocurrency. Fakta bahwa stablecoin kehilangan pasak dolarnya sangat menakutkan karena koin-koin ini seharusnya menjadi pilihan investasi teraman di pasar.

TerraUSD adalah stablecoin algoritmik, artinya kode komputer bekerja di latar belakang untuk mempertahankan harganya. Secara teknis, kontrak pintar mencetak UST atau LUNA untuk akhirnya mempengaruhi nilai UST. Seperti yang telah diprediksi oleh para ahli sebelumnya bahwa bahaya yang terlibat dalam sistem ini sangat besar, memang benar, akhirnya LUNA tidak mempertahankan nilainya secara konsisten.

Terra adalah Cryptocurrency terbesar ke-8 di pasar, tetapi saat ini, pada saat penulisan artikel ini, Terra berada di peringkat ke-139, menjadikannya salah satu penurunan paling drastis dan dramatis dalam sejarah Cryptocurrency.

Singkatnya, pasar kripto sangat tidak terduga. Investor dan  crypto whales sekarang membuang token kripto mereka dan memilih aset yang lebih tradisional dan terpusat.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Analytics Insight

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X