Apa Itu Starlink dan Haruskah Anda Menggunakannya?

- Jumat, 13 Mei 2022 | 17:21 WIB
Ilustrasi Starlink (howtogeek.com) (Ida Farida)
Ilustrasi Starlink (howtogeek.com) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Jika Anda tinggal di daerah pedesaan atau terpencil dengan konektivitas internet yang tidak dapat diandalkan atau tidak ada, Starlink sering disebut-sebut sebagai solusi untuk semua masalah broadband Anda. Tapi apa itu, dan apakah itu masuk akal bagi Anda?

Melayani yang Kurang Terlayani

Starlink adalah penyedia internet satelit yang merupakan bagian dari SpaceX, produsen roket. Starlink menawarkan konektivitas broadband berkecepatan tinggi.

Meskipun dimulai dengan menyediakan akses internet kepada orang-orang di Amerika Serikat, perusahaan tersebut telah memperluas ketersediaannya ke lebih dari selusin pasar di seluruh dunia. Seiring waktu, Starlink berharap dapat menawarkan layanannya ke seluruh dunia.

Perusahaan ini terutama menargetkan konsumen yang tinggal di daerah tertinggal atau terpencil. Tapi akhirnya bisa hadir di pusat kota juga berkat kehadiran Starlink.

Baca Juga: Tempat Terbaik untuk Membeli Koin Kripto Solana

Bagaimana Cara Kerja Starlink Internet?

Layanan internet satelit telah ada selama bertahun-tahun. Anda mungkin pernah mendengar tentang HughesNet atau Viasat. Semua penyedia internet satelit pada dasarnya beroperasi dengan cara yang sama untuk menghadirkan konektivitas internet kepada Anda.

Biasanya satelit, stasiun bumi, dan parabola terlibat. Saat Anda mencoba mengakses situs web, permintaan dari komputer Anda dikirim dari router ke parabola Anda, yang kemudian mengirimkannya ke satelit.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Howtogeek

Tags

Terkini

X