Apple Tengah Uji Coba Port USB-C pada iPhone untuk Tahun 2023

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:42 WIB
Ilustrasi Port USB-C pada iPad (tek.id) (Ida Farida)
Ilustrasi Port USB-C pada iPad (tek.id) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Menurut informasi yang beredar, Apple sedang menguji coba iPhone dengan konektor (port) USB-C sebagai pengganti Lightning. Dikutip dari CNN Indonesia dari The Verge, Sabtu (14/5), berdasarkan laporan Mark Gurman kepada Bloomberg, perubahan ini bakal terjadi paling cepat pada 2023.

Rupanya laporan yang disampaikan Gurman sesuai dengan cuitan analis Apple Ming-Chi yang mengisyaratkan Apple akan menggunakan konektor USB-C pada paruh kedua 2023.

Penggunaan konektor USB-C ini tentu akan menjadi perubahan besar, tetapi tidak begitu mengejutkan. Pasalnya Apple sudah menggunakan USB-C pada iPad Air, iPad Mini, dan iPad Pro.

Perubahan ini berkaitan erat dengan kebijakan Uni Eropa yang diumumkan pada September 2021 lalu. Uni Eropa mengajukan peraturan yang mewajibkan perangkat elektronik termasuk smartphone, harus menggunakan konektor USB-C.

Baca Juga: Apa Itu Starlink dan Haruskah Anda Menggunakannya?

Gurman mengatakan, aturan ini yang menjadi alasan utama bagi Apple mempertimbangkan perubahan pada iPhone. Menurutnya, konektor USB-C memiliki keuntungan dari segi teknis, yaitu kecepatan transfer daya yang lebih cepat daripada Lightning.

Beredar juga kabar bahwa Apple akan mengembangkan iPhone tanpa port (port less). Gurman mengatakan Apple telah melakukan uji coba port less iPhone dalam beberapa tahun ini.

Kendati demikian, belum ada informasi bahwa port less iPhone ini akan tersedia dalam waktu dekat. Pihak Apple pun belum menanggapi informasi ini. Apple diketahui pertama kali memperkenalkan Lightning pada iPhone 5 yang dirilis pada 2012.

Editor: Ida Farida

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Snapdragon 7 Gen 1 Dipastikan Rilis 20 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 03:16 WIB

Apple WWDC 2022 Akan Digelar Bulan Juni 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:28 WIB

Jaringan 6G Tengah Dikembangkan oleh Samsung

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:56 WIB
X