Riset: Smartphone Dapat Sebabkan Penurunan Kesehatan Mental di Usia 18-24 Tahun

- Senin, 16 Mei 2022 | 13:17 WIB
Tangan Bocah Laki-laki Tersangkut Casing Smartphone
Tangan Bocah Laki-laki Tersangkut Casing Smartphone

HARIANHALUAN - Sebuah laporan dari Sapien Labs mengungkap bahwa penggunaan smartphone dapat menyebabkan penurunan berkelanjutan, dalam kesehatan mental orang-orang di usia 18-24 tahun.

Riset itu mengatakan kalau sebelum ada internet, orang berusia 18 tahun dapat menghabiskan 15.000-25.000 jam untuk berinteraksi dengan teman atau keluarga secara tatap muka.

Baca Juga: Istri Pangeran Inggris Rutin Lakukan Akupuntur Demi Kesehatan Mental, Berikut Berbagai Manfaat dari Akupuntur

Tapi dengan adanya internet, waktu untuk interaksi jadi turun hingga 1.500 sampai 5.000 jam saja, sebagaimana dilaporkan Phone Arena melalui Suara.com, Senin, 16 Mei 2022.

Chief Scientist di Sapien Labs, Tara Thiagarajan mengatakan, kurangnya interaksi sosial ini mencegah orang-orang mempelajari skill penting, seperti cara membaca ekspresi wajah, bahasa tubuh, sentuhan fisik, respons emosional, dan konflik.

Thiagarajan mengaku kalau orang-orang tanpa keterampilan seperti itu dapat terasingkan dari lingkungan sosial dan cenderung merasa ingin bunuh diri.

Baca Juga: Khawatir Kesehatan Mental Mayang dan Chika, Alasan Puput Mengulur Waktu Gugat Cerai Doddy Sudrajat

Penelitian ini diperoleh dari 34 negara, di mana penurunan kesehatan mental orang dewasa muda (young adults) berusia 18-24 tahun telah dimulai sebelum pandemi.

Penurunan itu telah dimulai sejak 2010, bertepatan dengan peningkatan penggunaan ponsel.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Chipset Ukuran 3 Nanometer Tengah Disiapkan TSMC

Jumat, 24 Juni 2022 | 21:16 WIB
X