5 Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat dan Aman untuk Akun Digital

- Selasa, 17 Mei 2022 | 02:16 WIB
Ilustrasi cara membuat kata sandi (Unsplash) (Ida Farida)
Ilustrasi cara membuat kata sandi (Unsplash) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Artikel ini memuat lima cara membuat kata sandi yang kuat agar tidak mudah diretas orang tidak bertanggung jawab. Ide ini merupakan inspirasi dari Hari Kata Sandi Sedunia (World Password Day) yang diperingati setiap hari Kamis pertama.

Penggagas hari Kata Sandi Sedunia adalah Intel ketika tahun 2013 silam. Peringatan hari password sedunia ini dapat Anda jadikan reminder untuk mengecek keamanan akun digital.

Dalam laporan CNET yang dilansir dari Selular ID (17/5), kata sandi digunakan sejak ukuran komputer berubah jadi kecil dan bisa ditaruh di atas meja.

Baca Juga: Apple WWDC 2022 Akan Digelar Bulan Juni 2022

Semakin banyak teknologi yang menggunakan kata sandi seiring berkembangnya zaman. Saat ini, sejumlah perusahaan internet sedang mencari cara untuk mengganti fungsi sandi. Hal itu dilakukan supaya pengguna bisa masuk ke akun tanpa memasukkan password.

Kendati demikian, saat ini password masih diperlukan untuk memproteksi akun digital Anda. Berikut tips membuat kata sandi yang aman dan benar.

  1. Buatlah Kata Sandi yang Panjang

Banyaknya jumlah karakter sandi, semakin baik bagi perlindungan akun Anda. Para ahli berpendapat bahwa password idealnya berjumlah 16 karakter. Jumlah itu diklaim mampu menangkal orang asing membobol akun.

Namun, dalam berbagai kondisi, kombinasi tiga kata yang tidak berkaitan dapat memberikan proteksi akun Anda. Karakter khusus seperti tanda seru atau simbol juga dapat Anda gunakan untuk memperkuat kata sandi. Sebaliknya, jangan pernah menggunakan tanggal lahir untuk sebuah password akun karena sangat mudah ditebak.

  1. Jangan Gunakan Kata Sandi yang Sama

Banyaknya jumlah karakter password tidak menjamin akun Anda aman dari peretasan. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun Anda. Untuk mengatasi hal ini, pengguna bisa memanfaatkan manajer kata sandi atau password manager yang berbayar atau gratis.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Selular ID

Tags

Terkini

Chipset Ukuran 3 Nanometer Tengah Disiapkan TSMC

Jumat, 24 Juni 2022 | 21:16 WIB
X