Pemerintah Kabupaten Agam Ikuti Rapat Perkembangan Penyelamatan Danau Maninjau

- Rabu, 18 Mei 2022 | 11:14 WIB

HARIAN HALUAN - Bupati beserta jajaran di lingkup Pemerintahan Kabupaten Agam mengikuti rapat pembahasan progres penyelamatan Danau Maninjau sebagai salah satu danau prioritas nasional tahun 2021.

Progres tersebut disampaikan sejumlah pimpinan OPD tingkat Provinsi Sumatera Barat dalam Monev Kegiatan Penyelamatan Danau Prioritas Nasional di Aula Kantor Bupati Agam, Rabu (18/5).

Pada monev yang dipimpin Kepala Biro Administrasi dan Pembangunan Setda Provinsi Sumbar, Hefdi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar, Siti Aisyah menyampaikan sejumlah kegiatan yang telah dan akan dilakukan di Danau Maninjau.

Adapun kegiatan itu antara lain pembukaan kawasan keanekaragaman hayati Danau Maninjau, yakni Wetland dan Rasau yang pengembangan kawasannya bekerjasama dengan PT. Semen Padang, peningkatan kapasitas masyarakat melalui pelatihan untuk alih mata pencaharian, pemulihan danau Maninjau melalui pengolahan eceng gondok yang bekerjasama dengan PT. PLN UPK Bukittinggi, pemantauan kualitas air danau, memfasilitasi pembangunan pengellaan limbah domestic sekitar Danau Maninja, serta proses pembangunan TPS 3R di Nagari Duo Koto.

Balitbang Pemprov Sumbar, Reti Wafda menyampaikan pengurangan Karamba Jaring Apung (KJA) membutuhkan komitmen yang kuat. Pasalnya, jumlah KJA di Danau Maninjau masih terus bertambah.

"Sebelumnya data yang kita kumpulkan terdapat sekitar 17.000 KJA di Danau Maninjau, setelah dimuktahirkan jumlahnya justru bertambah menjadi 23.000 KJA," ungkapnya.

Pihaknya juga menemukan fakta bahwa sejumlah pemilik karamba menginginkan agar tidak ada pengurangan KJA dengan alasan banyaknya pekerja karamba yang harus dihidup.

"Kami juga menemukan fakta bahwa pengalihan mata pencarian tidak seimbang dengan pendapatan yang didapat dari karamba," katanya.

Pihaknya mengusulkan penyelamatan Danau Maninjau juga perlu dibahas Forkopimda provinsi. Selain itu juga diperlukan peraturan daerah yang jitu terkait pengurangan KJA di Danau Maninjau.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

X