Cara Cek Baterai Health di HP Xiaomi dengan Mudah

- Senin, 20 Juni 2022 | 23:52 WIB
Ilustrasi Baterai Health HP Xiaomi (Dok. Kompas) (Ida Farida)
Ilustrasi Baterai Health HP Xiaomi (Dok. Kompas) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Kesehatan baterai merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan oleh pemilik smartphone. Sebab, pemakaian smartphone yang sembarangan serta dalam jangka waktu lama dapat mengurangi performa baterai. Jika performa baterai atau baterai health menurun, maka baterai bisa cepat habis, atau daya maksimal tidak seperti semula.

Khusus untuk pengguna HP Xiaomi, Anda dapat mengetahui apakah baterai HP Xiaomi Anda masih dalam kondisi yang bagus atau tidak. Bagaimana cara cek baterai health Xiaomi, simak penjelasan cara cek baterai health di HP Xiaomi berikut ini!

Cara cek baterai health Xiaomi ini dapat dilakukan dengan mengandalkan laporan bug yang disediakan oleh sistem MIUI. Mengutip KompasTekno pada Senin (20/6), berikut merupakan cara cek baterai health di HP Xiaomi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: Fitur Baru WhatsApp Bisa Sembunyikan Last Seen dari Kontak Tertentu

Cara cek baterai health Xiaomi

  • Buka menu Settings > About Phone > All specs. Tekan teks "CPU" sebanyak lima kali. Tekan tombol "Agree" pada jendela notifikasi yang muncul.
  • Tekan Extract here dan buka dengan format "bugreport-umi_id.txt". Contoh nama file yang dimaksud: bugreport-umi_id-RKQ1.200826.002-2022-06-16-11-57-30.zip.
  • Pada file tersebut, cari kata kunci "healthd" di kolom pencarian.
  • Kemudian cari teks "fc". Fc merupakan indikator yang menunjukkan berapa kapasitas baterai HP Xiaomi saat ini.

Menentukan kondisi baterai HP Xiaomi

KompasTekno mendapati bahwa kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 yang sedang digunakan adalah 3384000. Artinya, kapasitas baterai HP tersebut berada pada 3.384mAh.

Untuk mengetahui atau menentukan kondisi baterai saat ini, Anda perlu menggunakan rumus sebagai berikut:

(Kapasitas baterai saat ini/kapasitas baterai secara keseluruhan) x 100

Sebagai contoh, kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 yang digunakan saat ini adalah 3.384mAh. Sementara kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 dalam kondisi baru adalah 4.780mAh. Maka dari itu: 3.384mAh / 4.780mAh x 100

Jadi, kondisi baterai Xiaomi Mi 10 milik KompasTekno berada di kondisi 70 persen. Kondisi ini tergolong rendah. Apabila HP dengan kapasitas baterai di bawah 80 persen, maka sangat disarankan untuk segera menggantinya agar performa ponsel tetap maksimal.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: kompas.com

Tags

Terkini

Wah, Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan Nomor HP?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:28 WIB

Ngeri! Lubang "Alien" Ditemukan di Dasar Laut

Senin, 1 Agustus 2022 | 12:35 WIB
X