Chipset Ukuran 3 Nanometer Tengah Disiapkan TSMC

- Jumat, 24 Juni 2022 | 21:16 WIB
Ilustrasi TSMC Chipset 3 Nanometer (Dok. Gizmologi) (Ida Farida)
Ilustrasi TSMC Chipset 3 Nanometer (Dok. Gizmologi) (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Pada acara simposium yang digelar baru-baru ini, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC) mengungkap rencananya merilis chipset berukuran 3 nanometer. Rencana itu akan direalisasikan pada tahun 2023 mendatang. Hal ini berkaitan dengan informasi bahwa TSMC dalam beberapa tahun ke depan akan mengembangkan chipset dengan ukuran lebih kecil.

Melansir Gizmologi dari Gizmochina pada Jumat (24/6), direncanakan akan ada lima chipset dengan fabrikasi 3 nanometer yang dinamai N3E, N3P, N3S, dan N3X. Varian N3 diklaim menawarkan jendela proses yang lebih baik, kinerja yang lebih tinggi, kepadatan transistor yang meningkat, dan voltase yang ditingkatkan untuk aplikasi berkinerja sangat tinggi.

Teknologi yang disematkan pada chipset ini akan menampilkan inovasi arsitektur FINFLEX milik TSMC yang menawarkan fleksibilitas tinggi bagi perancang chip. Selain itu, inovasi tersebut memungkinkan mereka mengoptimalkan kinerja, konsumsi daya, dan biaya chip secara tepat. Kabarnya N3 dibuat dan dikembangkan untuk brand Apple yang diklaim dapat memanfaatkan peningkatan kinerja, daya, dan area (PPA).

Baca Juga: Resmi Meluncur! Poco X4 GT Versi Global Pakai Chipset Dimensity 8100

Rencana ini akan menawarkan peningkatan yang luar biasa dari N3, dengan peningkatan kecepatan 10-15 persen pada daya yang sama. Chip N3 pertama diharapkan mulai diproduksi dalam beberapa bulan ke depan dan akan tiba di pasar pada kuartal pertama 2023. Sementara chip 2 nanometer produksinya dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2025.

Demikian informasi yang memuat kabar TSMC yang tengah menyiapkan produksi chipset dengan fabrikasi 3 nanometer.

 

 

Editor: Ida Farida

Sumber: gizmologi.id

Tags

Terkini

Wah, Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan Nomor HP?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:28 WIB

Ngeri! Lubang "Alien" Ditemukan di Dasar Laut

Senin, 1 Agustus 2022 | 12:35 WIB
X