Duh! Data Pribadi Jokowi - Ma'ruf Bocor di Medsos, Siapa Pembobolnya?

- Sabtu, 10 September 2022 | 15:18 WIB
Jokowi-Ma'ruf Amin. (Pikiran Rakyat)
Jokowi-Ma'ruf Amin. (Pikiran Rakyat)

HARIAN HALUAN - Netizen dunia maya diramaikan munculnya screenshot obrolan di grup Telegram Bjorkanism. Di sana terlihat, akun dengan ID Bjorka mengaku ingin menyebarkan identitas Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, dengan nada ancaman serta intimidatif.

Screenshot pembicaraan di grup Telegram itu disebar oleh akun Twitter @darktracer_int, yang melaporkan hacker Bjorka mengancam dalam waktu dekat akan melakukan hal tersebut.

Baca Juga: Ini Cara Amankan Akun Bila Data Bocor Seperti Kasus Tokopedia

Nama hacker Bjorka identik dengan dalang di balik bocornya 1,3 miliar data registrasi SIM Card, data IndiHome, serta PLN di forum hacker.

DarkTracer pun saat ini tengah berupaya melakukan profiling terhadap sosok di balik akun Telegram bernama Bjorka ini. Nama tersebut disebut sudah lama menargetkan Indonesia sejak tahun 2020.

Baca Juga: 'Hacker' yang Diapresiasi BSSN, Ini Sosok Tenaga Keamanan Siber Asal Pesisir Selatan Bertugas di Solok Selatan

Hingga saat ini, belum diketahui dari mana hacker mendapatkan identitas Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin.

Hacker terancam sanksi hukum dan pidana
Kementerian Kominfo sebelumnya telah mewanti-wanti siapa saja hacker yang mencoba mencuri data pribadi masyarakat Indonesia, akan terancam hukuman pidana. Sanksi tersebut diambil jika perbuatan itu merugikan masyarakat.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyebut, usaha negara untuk membangun ruang digital yang lebih maju adalah salah satu upaya agar masyarakat tak dirugikan lagi ke depannya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada yang Baru Nih di WhatsApp, Cek Segera!

Rabu, 30 November 2022 | 16:41 WIB

Pahami Arti 3 Warna Centang di Twitter

Rabu, 30 November 2022 | 12:35 WIB
X