Sudah Tahu Belum? Ini Perbedaan eSIM dengan Kartu SIM Biasa

- Senin, 19 September 2022 | 10:25 WIB
Ilustrasi simcard.  (Dok. Pixabay.com)
Ilustrasi simcard. (Dok. Pixabay.com)

HARIAN HALUAN - Embedded Subsriber Indentification Module atau eSIM muncul sebagai salah satu pengaruh perkembangan teknologi dari SIM card (kartu SIM). Meskipun keduanya sama-sama bekerja sebagai kartu SIM, terdapat beberapa faktor yang membedakan keduanya.

Kartu SIM umumnya mudah ditemukan di gerai penyedia pulsa di sekitar kita. Bentuk dari kartu pun berubah seiring waktu, sehingga muncul kartu SIM berukuran micro yang dipecah dari bentuk kartu standar.

Kini, peningkatan pada bidang teknologi berhasil menciptakan kartu SIM yang tidak memiliki bentuk fisik, berbeda dengan kartu SIM biasa terdahulu yang perlu diinput ke dalam slot kartu smartphone.

Baca Juga: Simcard Anda Mati? Hati-hati, Bahaya Ini Intai Pengguna Mobile Banking

Karena eSIM tidak memiliki bentuk fisik, SIM ini pun terhindar dari bahaya kerusakan atau kehilangan. Ukuran eSIM pun sangat kecil dibandingkan kartu SIM sebelumnya, yaitu sekitar 6x5 mm dengan tebal 0,67 mm dan telah ditanam di dalam smartphone.

Jika kartu SIM dapat menyimpan nomor kontak di dalam penyimpanan kartu, eSIM akan menyimpan nomor kontak ke dalam sistem cloud yang disediakan oleh provider eSIM. Dengan ini, pengguna eSIM tidak perlu merasa khawatir nomor kontak hilang karena fisik dari kartu SIM yang rusak.

Penggunaan eSIM dinilai cukup praktis, dari pengguna yang tidak perlu membeli kartu SIM fisik dan hanya menggunakan barcode untuk mengaktifkan kartu, sampai sistem firewall yang dimiliki eSIM sehingga tidak mudah diretas.

Namun, meskipun memiliki keuntungan yang membuat kartu SIM modern menjadi efisien, eSIM masih tergolong baru di Indonesia dan belum banyak operator seluler yang menjual SIM dengan teknologi eSIM.

Sejauh ini, operator seluler di Indonesia yang menyediakan eSIM adalah Smartfren. Ini membuat Smartfren menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang sudah mengadopsi teknologi eSIM prabayar.

Selain itu, harga dari eSIM juga tergolong lebih mahal dibandingkan kartu SIM dan terbatasnya smartphone yang bisa mendukung tipe SIM ini membuat eSIM masih menjadi kartu SIM yang belum banyak digunakan masyarakat.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Liputan6.com

Tags

Terkini

Ada yang Baru Nih di WhatsApp, Cek Segera!

Rabu, 30 November 2022 | 16:41 WIB

Pahami Arti 3 Warna Centang di Twitter

Rabu, 30 November 2022 | 12:35 WIB
X